oleh

10 Keanehan Konsep Waktu Dilihat Dari Ilmu Fisika

Ada 10 keanehan konsep waktu dilihat dari ilmu Fisika yang selama ini mungkin tidak kita sadari. tidak semua fakta tentang waktu

Secret Financial Ada 10 keanehan konsep waktu dilihat dari ilmu Fisika yang selama ini mungkin tidak kita sadari. tidak semua fakta tentang waktu seperti yang kita pikirkan selama ini.

Manusia hidup dalam ruang dan waktu. Dalam sehari manusia membagi waktu menjadi 24 jam untuk melakukan segala aktifitasnya. Ada waktu untuk tidur, makan, kerja, sekolah, bermain, nongkrong hingga kembali tidur lagi. Waktu menjadi begitu penting karena seiring berjalannya waktu manusia semakin menua.

Banyak orang yang memperingati waktu lahir mereka dengan merayakan hari ulang tahun. Ada pula yang memperingati pergantian tahun dengan acara tahun baru. Ada begitu banyak cara manusia untuk menandai waktu seperti detik, menit, jam, hari, bulan, dan tahun. Namun apakah konsep waktu yang sudah kita ketahui benar-benar seperti yang dipikirkan orang-orang selama ini?

Nah berkat ilmu pengetahuan berikut ini adalah 10 Keanehan Konsep Waktu Dilihat Dari Ilmu Fisika.

1. Durasi Waktu Sebenarnya

Selama ini manusia tahu bahwa dalam satu hari ada 23 jam 59 menit dan 60 detik. Itu adalah waktu Bumi untuk berotasi penuh atas dirinya sendiri. Tapi ternyata pada kenyataannya rata-rata lama waktu selama satu hari itu hanya 23 jam 56 menit dan 4,2 detik.

Namun hal ini dapat berubah lebih panjang bergantung pada gaya magnetik Bulan dan faktor-faktor alam lainnya seperti iklim.

2. Semakin Hari Semakin Lama

Secara ilmiah Bumi berotasi sangat lama. Ketika Dinosaurus masih menghuni planet kita sekitar 230 juta tahun yang lalu durasi satu tahun adalah 370 hari. Sekarang berubah menjadi 365 hari atau 366 hari pada tahun kabisat.

Lalu kenapa bisa menurun? Pada kenyataannya rotasi Bumi mengalami perlambatan terus-menerus karena gravitasi Bulan. Karena fenomena ini durasi satu hari selalu lebih lama 7 miliperdetik per abad.

3. Kepala Lebih Cepat Menua dari Kaki

“Semakin dekat kita dengan pusat Bumi semakin lama waktu berlalu”

(Teori relativitas Einstein)

Untuk mengonfirmasi teori ini beberapa ilmuan telah menunjukkan bahwa di puncak kepala Bumi yaitu Mount Everest setahun akan lebih pendek sekitar 15 mikrodetik daripada kaki Bumi yaitu permukaan laut.

4. Masa Kini adalah Ilusi

Bagi Fisika masa kini adalah konsep abstrak. Karena Fisika memahami ruang dan waktu sebagai cairan yang terus-menerus dipengaruhi oleh gravitasi dan kecepatan. Albert Einstein mengatakan:

“Bagi kita fisikawan, perbedaan antara masa lalu, sekarang dan masa depan hanyalah ilusi, betapapun uletnya”

5. Waktu Cahaya Menembus Bumi

Keanehan lainnya adalah kecepatan cahaya menembus ruang dan waktu di Bumi. Kita perlu mengetahui bahwa cahaya Matahari sebenarnya membutuhkan waktu 8 menit dan 20 detik untuk mencapai planet Bumi. Berarti cahaya yang manusia rasakan sekarang adalah cahaya 8 menit lalu.

Fakta menarik lainnya adalah bintang terdekat yang lain yaitu Proxima Centauri yang jaraknya 4,2 juta tahun cahaya dari Bumi butuh waktu 4 tahun untuk tembus ke Bumi. Jadi semua yang kita lihat hanyalah refleksi dari masa lalu.

6. Waktu Terasa Lebih Cepat Seiring Usia

Di usiamu saat ini apakah kamu pernah merasa bahwa waktu bergerak sangat cepat? Padahal kamu merasa belum melakukan apa-apa? Kalau iya, tenang. Kamu tidak sendiri kok.

Ada banyak manusia yang mengalami hal serupa. Fenomena ini dapat dijelaskan dengan teori Oddball Effect. Teori ini mengungkapkan bahwa pengalaman baru yang kita alami terasa lebih lama daripada pengalaman yang sudah lewat.

Oleh karena itu untuk dapat tetap merasa muda cobalah pengalaman baru. Jangan hanya rebahan untuk bermain game dan sosmed.

7. Semakin Cepat Semakin Lama Waktu

Semakin cepat kita bergerak justru waktu bergerak semakin lambat. Ada hipotesa yang menyatakan bahwa “jika kita melakukan perjalanan pulang balik dari Bumi ke Bintang Sirius dengan kecepatan 99% cahaya, sepulangnya usia kita hanya akan bertambah 2,5 tahun sedangkan warga di Bumi telah bertambah usia 17 tahun.”

8. Pertanyaan Tentang Ukuran Waktu

Usia alam semesta telah mencapai lebih dari 13,8 milyar tahun sejak Big Bang. Coba bayangkan apabila waktu tersebut dikompres menjadi satu tahun. Jika Big bang terjadi pada pukul 00.00.01 alias detik pertama pada 1 Januari maka Dinosaurus akan punah pada tanggal 29 Desember. Lalu manusia hadir pada pukul 11.54. Dan Christopher Columbus mungkin akan melintasi samudara Altantik hanya beberapa detik sebelum pukul 00.00.

9. Satu Menit Adalah 61 Detik

Dari kecil kita sudah diajarkan bahwa 1 menit = 60 detik. Tapi karena rotasi Bumi melambat dan menyebabkan hari menjadi lebih panjang maka jam yang kita gunakan harus berubah secara berkala sesuai dengan fenomena 61 detik ini.

Internasional Rotation Service (IERS) yang menjamin perhitungan waktu astronomi harus memantau terus rotasi Bumi dan faktor lainnya untuk menetapkan kapan harus menaruh satu detik di jam kita. Perpanjangan waktu ini disebut dengan Leap Second yang terakhir kali dilakukan pada 31 Desember 2016 pukul 23.59.

10. Waktu Akan Berakhir?

Mungkin kamu pernah bertanya apakah waktu di dunia akan berakhir? Menurut teori relativitas alam semesta mengembang terus-menerus tanpa batas. Para ilmuan masih terus mempelajari konsep waktu. Tapi ahli fisika mengatakan bahwa waktu akan habis atau membeku dalam 4 milyar tahun lagi. Mana yang kamu percayai?

Nah itulah tadi 10 Keanehan Konsep Waktu Dilihat Dari Ilmu Fisika yang mungkin belum kamu ketahui. Waktu adalah pusat dari keberadaan kita. Karena itu waktu adalah aset berharga bagi kita. Oleh sebab itu kita perlu untuk menghargai dan menggunakan waktu yang kita miliki sebaik mungkin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed