oleh

4 Cara Cepat Melunasi Utang

SECRET-FINANCIAL.COM – Banyak cara yang bisa dilakukan buat membayar cicilan utang yang hingga tuntas. Namun, gak semua cara tersebut bikin utang kamu beres dalam waktu singkat. Sebenarnya nih ada beberapa cara cepat melunasi utang yang dijamin gampang banget deh buat dilakuin.

Siapa lagi yang belum tahu dampak terjerat utang? Tentunya sangat tidak menyenangkan karena selain menyerang dampak emosional yang berujung pada stress, biasanya jika masalah utang ini tidak segera diselesaikan bisa saja stress tersebut berujung pada utang. Untuk segera terbebas dari utang, Anda bisa melakukan berbagai cara cepat melunasi utang.

Baca juga :

Asalkan cara cepat melunasi utang tersebut dilakukan secara konsisten, cicilan-cicilanmu niscaya cepat lunas gak pakai tersendat-sendat. Berikut adalah 4 cara cepat melunasi utang yang harus Anda lakukan agar bisa memulai kehidupan finansial yang baru:

Hitung berapa besar cicilan utang yang kamu bayarkan

Ini penting agar kamu bisa mengukur seberapa mampunya buat membayar utang. Idealnya, alokasi pengeluaran buat bayar utang itu maksimal 30 persen dari gaji bulanan. Lebih dari itu adalah pertanda kalau keuangan kamu sedang gak sehat.

Cari Penghasilan Tambahan

Cobalah untuk mengecek lagi barang-barang di rumah yang mungkin sudah tidak terpakai, namun masih bagus untuk dijual kembali. Saat ini sudah banyak situs yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual barang bekas agar menambah dana untuk membayar utang yang masih tersisa. Beberapa situs yang bisa Anda pakai misalnya Carausell, OLX , Carmudi, RajaJual, dll. Tidak hanya itu, Anda pun juga dapat mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukkan Anda

Prioritaskan pembayaran utang berbunga tinggi

Urutkan utang dari yang memiliki bunga tertinggi hingga yang berbunga rendah. Dalam perhitungan besaran cicilan utang yang dibayarkan, kamu bisa sekalian bikin urutan utang-utang yang berbunga tinggi tersebut.

Mulai Gaya Hidup Baru yang Lebih Hemat 
Biasanya jika masalah utang ini tidak segera diselesaikan bisa saja stress. Anda bisa melakukan berbagai cara cepat melunasi utang.

Jika Anda mampu memangkas pengeluaran dan rela untuk menurunkan gaya hidup, percayalah dampak penghematan akan lebih cepat terasa. Ada lebih banyak uang yang tersisa dan bisa dialokasikan untuk membayar utang.

Komentar

News Feed