oleh

4 Langkah Terlepas Kartu Kredit

SECRET-FINANCIAL.COM, Surabaya – Penggunaan kartu kredit yang berlebihan dapat meningkatkan ketergantungan dalam pemakaiannya. Kemampuan mengontrol diri adalah kuncinya agar Anda tidak sampai memiliki hutang puluhan juta dan dikejar debt collector.

Kalau saat ini Anda sudah terlanjut ketergantungan pada kartu kredit, bukan berarti tidak bisa ‘insyaf’ dan berhenti menggunakannya. Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan memakai kartu kredit:

1. Batasi Penggunaan
Dwita Arini selaku perencana keuangan independen mengatakan, “Batas kartu kredit yang maksimal idealnya adalah tiga kali gaji. Apabila lebih dari tiga kali gaji, ketika semuanya terpakai pasti kita akan gali lubang tutup lubang untuk membayar minimum paymentnya. Jadi membatasi dengan tiga kali gaji itu merupakan batas maksimal yang bisa kita bayar setiap bulannya,” jelas Dwita ketika ditemui di kantornya, Zelts Consulting, Jl. Timor No. 25, Menteng pada hari Jumat (8/8/2014) lalu.

2. Jangan Menggunakan Lebih Dari Dua Kartu Kredit
Apabila memungkinkan, hindari penggunaan kartu kredit lebih dari dua, karena Anda akan merasa kesulitan untuk membayarnya ketika jatuh tempo dengan tanggal yang berbeda. Anda akan merasa bahwa gaji yang diterima selalu habis untuk membayar tagihan kartu kredit tanpa ada simpanan tabungan atau investasi.

3. Sedia Uang Tunai
Dengan mempunyai ekstra uang tunai di dalam dompet, Anda tidak harus menggesek kartu kredit yang nantinya malah akan menimbulkan hutang baru. Menggunakan uang tunai dapat menjadikan Anda lebih selektif lagi dalam berbelanja. Belilah kebutuhan yang sekiranya memang Anda perlukan saat itu tanpa tergoda dengan cicilan 0% atau hadiah-hadiah menarik lainnya.

4. Buat Anggaran Biaya
Sebelum belanja untuk keperluan sehari-hari, buatlah anggaran belanja sehingga dapat meredam keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Anggaran biaya ini termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena akan membuat kita menghitung kembali uang yang masih tersisa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed