oleh

5 Teori Stephen Hawking yang Paling Kontroversial nih…

Stephen Hawking seorang ilmuan asal inggris ini disebut sebagai manusia paling kontroversial. Ada 5 teori Stephen Hawking yang paling kontroversial

Secret-Financial – Stephen Hawking seorang ilmuan asal inggris ini disebut sebagai manusia paling kontroversial. Ada 5 teori Stephen Hawking yang paling kontroversial dan bikin gempar.

Stephen William Hawking adalah fisikawan terkenal. Ia merupakan ilmuan jenius terkemuka setelah Albert Einstein. Meskipun ia mengidap Sklerosis Lateral Amiotrofik suatu penyakit langka tidak membuatnya berhenti berkarya. Ia berprestasi dengan segudang penghargaan.

Berikut ini adalah 5 teori Stephen Hawking yang paling kontroversial.

1. Umur Bumi Sisa 100 Tahun Lagi

Ada yang ingat peristiwa pada 2012 lalu saat suku Maya meramalkan umur Bumi hanya sampai pada tahun tersebut. Ternyata Hawking juga pernah memprediksikan hal yang serupa.

Pada tahun 2016 saat diwawancarai salah satu media berita Hawking mengatakan “umur bumi paling hanya tinggal 100 tahun”. Jadi menurutnya umur Bumi hanya sampai tahun 2116 M saja.

Hawking tidak mengungkapkan pernyataan ini secara asal-asalan. Dia memprediksi bahwa bumi tidak akan bertahan lebih dari 100 tahun karena ulah manusia. 100 tahun ke dapan Bumi akan mengalami kelebihan populasi, kelangkaan sumber daya, wabah penyakit, polusi, kekeringan, dan penurunan jumlah spesies.

Saat itu terjadi Bumi akan menjadi seperti bola api raksasa di galaksi Bimasakti. Manusia harus pindah ke planet atau galaksi lain untuk terhindar dari kepunahan. Karena itu banyak peneliti yang mengembangkan penelitian untuk mendapatkan planet hunian yang baru untuk manusia. Mulai dari Bulan, Mars, Titan, hingga Ceres.

Meskipun ini hanyalah prediksi Hawking namun kita tetap harus waspada. Manusia sudah mengeksploitasi alam sejak lama dan sekarang justru semakin bertambah parah.

2. Kecerdasan Buatan

Alat bantu bicara yang digunakan Hawking sudah menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Assistive Contextual Aware Toolkit adalah sebutan dari alat itu. Ia menerjemahkan perkataan Hawking dan mengkonversinya menjadi suara. Dengan kata lain kecerdasan buatanlah yang membantu Hawking selama masa hidupnya sejak 1951.

Tapi ternyata dalam hal AI Hawking pernah mengatakan bahwa “pengembangan kecerdasan buatan akan sangat berbahaya karena bisa membuat sebuah mesin dapat setara dengan manusia bahkan lebih hebat daripada manusia”. Pernyataan ini sudah banyak terjadi dikehidupan kita sekarang. Terlihat dari banyaknya mesin yang mulai menggantikan pekerjaan manusia.

Bayangkan saja apabila mesin-mesin tersebut memiliki kecerdasan untuk melawan balik manusia. Imajinasi-imajinasi para pembuat film science fiction seperti terminator bisa menjadi nyata.

3. Soal Alien

Sudah sering ada pembahasan tentang benda-benda langit hingga peradaban makhluk cerdas selain manusia. Sejauh ini kita tidak pernah menemukan satupun bukti kehidupan lain selain di Bumi. Padahal ada banyak yang yakin bahwa ada kehidupan lain selain di Bumi. Apalagi dengan alam semesta yang begitu besar.

Badan antariksa NASA pernah menjalankan suatu proyek bernama Golden Record yang merekam dan menerbangkan 50 macam suara dari berbagai aktivitas dan emosi manusia pada tahun 1977 lewat voyager 1 dan 2. Tapi apakah langkah ini sudah tepat?

Stepen Hawking pernah mengomentari tentang hal ini. Dia berkata “suatu saat manusia akan mendapatkan kontak dengan alien dari luar angkasa tapi manusia harus berhati-hati karena kemungkinan besar peradaban yang mendapatkan sinyal itu adalah para perompak yang rakus bahkan penjajah yang siap menaklukkan manusia”.

Ketakutan Hawking sangat beralasan karena para alien yang sudah bisa melacak signal dan bahasa asing serta melakukan perjalanan antariksa maka tentu memiliki peradaban yang sangat canggih. Sederhananya seperti bangsa Eropa yang datang ke benua atau pulau baru dengan tujuan untuk mencari rempah-rempah dan berakhir dengan penjajahan kepada penduduk asli pulau atau benua tersebut.

4. Alam Semesta Tercipta Dengan Sendirinya

Dari sekian banyak pernyataan Hawking ini adalah yang paling kontroversial. Dalam bukunya yang berjudul A Brief History Of Time yang terbit pada tahun 1988 Ia mengatakan bahwa “Alam semesta tercipta sendiri tanpa adanya campur tangan Tuhan”.

Hawking juga menambahkan bahwa “Tuhan mungkin ada, tapi jika manusia bisa membuktikan semua dengan ilmu pengetahuan, mungkin Tuhan tidak diperlukan”. Inilah yang membuat orang-orang berpikiran sempit menjadi berang. Karena itu ia dijuluki manusia paling kontroversial.

Teori awal terbentuknya alam semesta ialah ledakan besar yang kita kenal dengan Big Bang. Alam semesta ini kira-kira sudah berumur 13 milyar tahun yang menurut Hawking terbentuk secara spontan dan akan terus berubah-ubah serta tetap terus berkembang.

5. Perang Nuklir

Pada tahun 2017 sebelum Stephen Hawking meninggal ia pernah memperingati manusia akan sifat dasar mereka yang rakus dan ingin mendominasi yang lainnya. Sifat ini yang akan menimbulkan perang di mana-mana dan berakhir dengan perang nuklir.

Pengembangan tekhnologi nuklir memang dapat sangat membantu kehidupan manusia khususnya bidang energi. Tapi tidak sedikit pihak yang juga mengembangkan tekhnologi nuklir ini menjadi senjata. Bayangkan saja apabila hulu ledak senjata tersebut berkekuatan 10 kali lipat bom atom Hirosima dan Nagasaki belum lagi efek radiasinya yang bertahan begitu lama. Apabila dunia berperang menggunakan senjata ini bisa tentu Bumi akan hancur.

Stephen Hawking memang adalah sosok yang unik, kontroversial, dan misterius. Namun beberapa perkataan atau teori yang dikemukannya tidak dapat dipandang sebelah mata. Demikianlah 5 teori Stephen Hawking yang paling kontroversial. Jika menurut kamu masih ada lagi teorinya yang juga kontroversial untuk diangkat silahkan komen di kolom komentar ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed