oleh

5 Tips Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Mewujudkan Keinginan Anda

SECRET-FINANCIAL.COM 5 Tips Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Mewujudkan Keinginan Anda. Setiap orang pasti memiliki suatu keinginan yang diimpikan di dalam kehidupannya. Semua keinginan bisa dilakukan dengan berusaha. Namun, doa juga tidak boleh dilupakan. Usaha sekeras apapun tanpa diiringi dengan bermunajat kepada Allah diibaratkan kalau Anda adalah orang yang sombong.

Terkadang untuk mewujudkan keinginan, kita tidak bisa membelinya langsung. Keterbatasan dana membuat Anda harus melakukan berbagai cara, mulai dari menabung atau menyisihkan uang untuk membeli dan mewujudkannya.

Ketika memutuskan memulai usaha, yang pertama terbersit umumnya modal. Berikut tips cara mengatur keuangan agar bisa mewujudkan keinginan Anda.
Baca juga : Anda Banyak Utang ? Ini Lima Cara Terbebas Dari Utang

Tetapi beberapa orang merasa bingung dan selalu gagal. Karena uang yang ditargetkan justru terpakai atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Ketika memutuskan memulai usaha, yang pertama terbersit umumnya modal. Saat ini, tak sedikit yang berharap wirausaha dapat menambah pemasukan keuangan rumah tangga. Banyak pula orang yang langsung memulai usaha ketika melihat ada kesempatan. Padahal, berwirausaha tak semudah membalikkan telapak tangan. Khususnya ketika berbicara tentang modal.

Berikut tips cara mengatur keuangan agar bisa mewujudkan keinginan Anda,

1. Lunasi semua utang

Kamu punya kewajiban mencicil utang hingga lunas. Memang terasa berat, tapi kalau dilakukan secara disiplin dengan menyisihkan uang dari gaji atau pendapatan usaha, pasti kamu akan bebas dari lilitan utang tersebut.

2. Hitung Keuangan Pribadi

Anda bisa menghitung kebutuhan yang umumnya digunakan atau dimanfaatkan dari pendapatan. Jangan lupa juga memasukan biaya tunggakan misalnya pembayaran kartu kredit, atau cicilan rumah.

3. Lindungi aset berharga kamu

Susun daftar aset-aset berharga, seperti rumah, mobil, motor, dan lainnya. Termasuk kesehatan atau nyawa kamu dan keluarga. Kemudian lindungi aset berharga tersebut dari berbagai risiko yang kemungkinan dapat terjadi sewaktu-waktu.

4. Hindari Jebakan Nafsu

Untuk Anda yang memang ingin mewujudkan keinginan tanpa penyesalan pikirkan baik-baik keinginan tersebut. Anda memang benar membutuhkan untuk memuaskan hasrat atau hanya ‘lapar mata’ semata. Jika sudah mengikuti nafsu, maka akan sulit mengendalikan.

5. Investasi penting untuk masa depan

Dari jatah 20% anggaran masa depan, bisa dibagi-bagi lagi. Salah satunya untuk investasi. Investasi sekarang ini penting peranannya. Tujuannya supaya uang yang ditanamkan pada sebuah produk investasi berkembang, bukan malah tergerus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed