oleh

7 Cara Mengelola Keuangan Keluarga Selama Virus Corona

7 Cara Mengelola Keuangan Keluarga Selama Virus Corona

Merebaknya virus corona membuat beberapa perusahaan dan instansi pemerintahan bekerja dirumah. Mari kita bahas cara mengelola keuangan selama virus corona!

SECRET-FINANCIAL.COM – Merebaknya wabah virus corona membuat beberapa perusahaan dan instansi pemerintahan, utamanya di negara terdampak mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah.

Beberapa manajer perekrutan pun mencari berbagai panduan untuk mempersiapkan gangguan operasional tenaga kerja sekaligus cara-cara menjaga kesehatan karyawan.

Virus Corona telah mencuri perhatian seluruh warga dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan secara resmi mengumumkan Covid-19 tersebut sebagai pandemi atau wabah global. Munculnya Virus Corona tentu berdampak pada berbagai lini kehidupan, termasuk aktivitas para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah atau UKM.

Virus Corona dianggap menghambat proses bisnis karena pekerjaan yang biasanya dilakukan dengan bertatap muka menjadi sulit dilakukan.

Pengumuman ini rupanya langsung membuat masyarakat panik. Bahkan, sebagian masyarakat langsung melakukan aksi memborong kebutuhan sehari-hari dan perlengkapan kesehatan serta kebersihan untuk menghadapi virus corona yang ‘mampir’ ke dalam negeri.

Masalahnya, membeli kebutuhan sehari-hari dalam jumlah banyak membutuhkan dana tambahan. Tak sedikit masyarakat yang pada akhirnya harus merogoh tabungan untuk menutup kebutuhan.

“Harus ada perhatian secara khusus. Pikiran kita berevolusi dari yang semula tinggal di gua tanpa rasa cemas lantas beralih punya kekhawatiran akan malapetaka. Tapi ini membuat otak dan tubuh kita belajar,” terang dia kepada The Independent.

Sehingga dengan begitu, laku manusia akan berangsur menyesuaikan dan memiliki ketrampilan baru. Psikoterapis Silva Neves, setuju soal itu tapi ia sekaligus mengingatkan. “Panik juga [bisa] menular.”

Oleh karena itu, walaupun berada di tengah ketidak pastian ekonomi akibat virus corona jangan sampai kepanikan membuat keuangan keluarga menjadi masalah baru yang harus di hadapi. Lalu bagaimanakah cara agar kita tetap waspada tetapi tidak panik sehingga bisa menghindari kekacauan kondisi keuangan keluarga dalam menghadapi wabah virus corona?

Mari kita bahas cara mengelola keuangan selama virus corona!
  • Mengevaluasi Sumber Penghasilan
  • Hitung ulang budget rumah tangga
  • Memperbesar Dana Darurat
  • Prioritaskan pos kesehatan
  • Membeli Kebutuhan Bulanan Secukupnya
  • Hindari pembelian konsumsif terutama dengan bantuan pinjaman
  • Membeli Alat Kesehatan Sesuai Anjuran WHO
  • Tidak Terburu-buru Mencairkan Aset

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed