oleh

Aktifkan Mode Flow di Otakmu, Auto Produktif!

Pada masa pandemi seperti ini kamu merasa kurang produktif?Coba deh aktifkan Mode Flow di Otakmu. Pasti kamu akan jadi orang paling produktif.

Secret-Financial – Pada masa pandemi seperti ini kamu merasa kurang produktif? Coba deh aktifkan Mode Flow di Otakmu. Pasti kamu akan jadi orang paling produktif.

Apakah ada yang pernah menonton film Lucy? Film yang tayang pada tahun 2014 ini mengisahkan seorang gadis yang dapat menggunakan seluruh kemampuan otaknya. Sehingga ia dapat melakukan hal-hal yang luar biasa dengan kemampuan otak supernya.

Ada pernyataan menarik dari salah satu tokoh di film tersebut yaitu Profesor Norman (Morgan Freeman). Norman mengatakan sesungguhnya manusia hanya menggunakan 10% dari total kapasitas yang ada. Namun apakah benar manusia selama ini hanya menggunakan 10% dari otaknya saja?

Padahal faktanya manusia sudah menggunakan hampir 100% dari kapasitas otaknya setiap saat. Tapi mengapa kita tidak bisa menjadi seperti tokoh Lucy yang ada di film tersebut? Seharusnya apabila cerita yang ada di film Lucy sesuai dengan kenyataan manusia dapat melakukan apa saja dengan kecerdasannya. Seseorang dapat belajar bahasa dengan cepat, memahami matematika dengan mudah, bahkan memahami teori fisika kuantum.

Tanpa kamu sadari terkadang pikiran membuat batasan bagi diri sendiri. Mungkin ada diantara kamu yang pernah berkata pada diri sendiri “aku kurang pintar untuk mengerjakan soal Fisika” atau “aku tidak berbakat untuk bisa masuk ke dalam perusahaan itu”. Dengan berkata demikian secara tidak langsung kamu sudah memprogram diri untuk gagal.

Pernah tidak pada suatu waktu kamu tenggelam dalam pekerjaan atau kegiatan tertentu sehingga tidak terpikirkan hal lain seperti makan, minum, bahkan istirahat. Kamu asik mengerjakan hal tersebut hingga waktu jadi tidak terasa meskipun sudah lewat berjam-jam. Kondisi seperti ini memang tidak sering terjadi tapi pasti kamu pernah mengalaminya paling tidak sekali seumur hidup.

Bayangkan saja apabila kamu dapat terus berada di kondisi tersebut ketika sedang bekerja atau belajar. Kamu dapat hidup dengan asyik setiap saat. Bahkan kamu dapat menjadi orang yang sangat produktif. Tentu rasanya sungguh luar biasa. Ini bukan tidak mungkin lho!

Apasih Flow itu?

Ternyata kamu dapat mengaktifkan kondisi tersebut di otak tanpa bantuan orang lain. Salah seorang psikolog menamai kondisi ini dengan konsep Flow. Mihaly Csikszentmihalyi merupakan salah seorang tokoh penting dalam psikologi positif yang berjasa dalam memperkenalkan konsep Flow. Menurut Mihaly, flow menjadi sesuatu yang penting dalam mendukung aktivitas yang akan kita jalankan.

Flow adalah suatu keadaan ketika seseorang menjadi sangat ‘tenggelam’ dalam melakukan suatu kegiatan dan tingkat keterampilan yang sesuai dengan tantangan yang dihadapi. Flow adalah kondisi internal dalam bentuk kesenangan yang melibatkan pengalaman positif seseorang, sehingga orang tersebut dapat mengendalikan dirinya untuk tetap fokus pada saat mengerjakan sesuatu.

Otak manusia bisa mempresepsikan hingga 110 bit informasi per detik. Saat kamu mencapai Flow aktifitas yang kamu lakukan mencapai titik perhatian yaitu 110 bit. Sehingga tidak ada sisa bit untuk memperhatikan atau melakukan aktifitas lain. Dunia di sekitar serasa hilang hingga kamu bahkan bisa mengesampingkan kebutuhan dasar seperti makan atau tidur.

Namun yang terpenting adalah kamu merasa percaya diri dan tidak ragu. Selain itu semakin kamu melakukannya semakin banyak inspirasi yang kamu dapat. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya atau memasuki kondisi atau mode flow tersebut di otakmu? Berikut dua hal penting untuk aktifkan mode Flow:

Dua Hal Penting untuk Mengaktifkan Mode Flow

Ada dua hal penting yang harus kamu sadari yaitu seberapa besar kamu merasa tertantang dan tingkat keahlianmu. Kamu akan berada pada berbagai kondisi tergantung level kedua hal ini. Sebagai contoh kamu sedang berusaha mengerjakan tugas matematika anak kelas 1 SD sedangkan kamu memiliki kemampuan anak SMA atau Mahasiswa. Tugas tersebut tentu akan sangat mudah bagimu dan kamu akan merasa sangat bosan. Contoh lain kamu baru saja bekerja di salah satu perusahaan tetapi langsung diberikan tugas yang sangat sulit oleh atasan. Kamu memang memiliki kemampuan namun tugas tersebut melebihi kemampuanmu maka kamu akan merasa tertekan bahkan stress.

Flow berada antara kedua kondisi tersebut. Kamu punya banyak keahlian dan tantangan yang cukup. Pekerjaan yang kamu lakukan cukup sulit namun kamu masih percaya diri dengan kemampuan yang ada pada dirimu.

Berikut langkah-langkah untuk dapat memasuki Flow State:

Pilih Waktu yang Tepat

Kamu perlu untuk mempertimbangkan waktu-waktu yang paling produktif. Setiap orang memiliki waktu produktifnya masing-masing. Ada yang produktif di pagi hari tapi ada juga yang di malam hari. Sadari juga kondisimu saat itu apakah sedang marah, stress, sedih atau lapar. Karena beberapa faktor tersebut akan menghambat produktifitasmu.

Pastikan Kamu Sangat Berenergi dan Positif

Jauhkan dirimu dari ponsel, tv, atau apapun yang dapat membuat fokusmu buyar. Siapkan semua barang yang kamu perlukan sehingga segala sesuatunya tersedia. Dengan demikian kamu tidak perlu bangun untuk mengambil sesuatu dan mengganggu flowmu.

Pilih Kegiatan yang Benar-benar Ingin Kamu Lakukan

Agar dapat memasuki Flow kamu harus benar-benar melakukan hal yang disukai dan sangat dikuasai. Kamu tidak dapat memasuki Flow di setiap aktifitasmu. Pilih hal yang menantang dan membuatmu berkembang. Flow tidak datang begitu saja. Dengan kondisi fokus penuh kamu akan memasuki Flow dalam waktu 15 menit. Tapi jangan berkecil hati apabila pada percobaan pertama kamu tidak berhasil. Terus berusaha dan coba sesering mungkin.

Orang akan mendapatkan ide terbaik pada saat memasuki mode Flow secara penuh. Saat inilah momen seorang musisi menghasilkan musik terbaik mereka, seorang novelis menghasilkan novel terbaik mereka, dan seorang atlet mencetak rekor terbaik mereka. Itu tadi adalah cara-cara untuk aktifkan mode flow di otakmu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed