oleh

Barcelona Dapat Untung Besar Walau Bayar Mahal Kontrak Messi

El Mundo, merilis nilai kontrak terakhir Lionel Messi. Dalam laporannya tersebut, El Mundo menyebut, nilai kontrak peraih enam gelar Ballon d'Or

Secret-financial — Surat kabar asal Spanyol, El Mundo, merilis nilai kontrak terakhir Lionel Messi. Dalam laporannya tersebut, El Mundo menyebut, nilai kontrak peraih enam gelar Ballon d’Or itu mencapai lebih dari 555 juta euro.

Dari segi ekonomi, Messi dianggap lebih banyak memberikan kerugian dan membebani keuangan klub asal Katalunya tersebut. Namun, anggapan ini dibantah lewat sebuah riset yang dilakukan oleh ahli ekonomi, Josep Fabra, ahli finansial, Ivan Cabeza, dan CEO sebuah lembaga investasi dan penilai aset asal Spanyol, Diagonal Inversiones, Marc Ciria. 

Tim tersebut menemukan, Messi justru memiliki kontribusi lebih besar buat Barcelona dalam aspek ekonomi. Terutama sejak terakhir kali menandatangani perpanjangan kontrak pada 2017. 

Baca juga: Solskjaer Minta Pemain MU Belajar dari Edinson Cavani

Tim tersebut menemukan angka pengeluaran Barcelona untuk mengontrak Messi dari 2017 sampai sekarang mencapai lebih dari 383 juta euro. Namun itu dibayar La Pulga dengan memberikan keuntungan terhadap Barca jauh lebih besar. Messi tercatat justru menghasilkan pemasukan buat keuangan Barca mencapai 619 juta euro, atau lebih besar 235 juta euro dibanding nilai kontraknya. 

“Dengan kontribusi terhadap keuangan Barcelona tersebut, Messi memberikan 30 persen terhadap keseluruhan pemasukan Blaugrana selama periode tersebut. Kontribusi terbesar Messi terhadap keuangan klub berasal dari sponsorship kontrak dengan pihak ketiga. Juga dengan pemasukan via tiket pertandingan dan penjualan replika jersey Messi,” tulis laporan Diario Sports, Selasa (2/2). 

Secara khusus, tim yang…

Secara khusus, tim yang dipimpin Marcia itu menyebut, delapan dari 10 replika jersey Barcelona yang terjual selama periode tersebut adalah replika jersey milik Messi. 

Baca juga: Selain Messi, Ini Bintang yang Bisa Gabung PSG

Tim itu pun membandingkan kontribusi yang diberikan Neymar terhadap PSG dengan yang diberikan Messi terhadap Barcelona. Menurut Marcia, baik dari segi finansial ataupun penampilan di atas lapangan, Neymar memiliki kontribusi jauh lebih kecil terhadap PSG, dibanding Messi terhadap Barcelona. 

“PSG lebih banyak menghabiskan uang saat mendatangkan Neymar, ketimbang Barcelona terhadap Messi. Dengan nilai transfer mencapai 222 juta euro dan gaji mencapai 90 juta euro, kontribusi Neymar dalam urusan mencetak gol bahkan jauh lebih buruk. Neymar adalah beban untuk keuangan, sedangkan Messi adalah investasi,” kata Marcia seperti dilansir Diario Sports. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed