fbpx
Beberapa Cara Untuk Menghentikan Masalah Pinjol

Beberapa Cara Untuk Menghentikan Masalah Pinjol

­­­­­­­­SECRET-FINANCIAL.COM – Panggilan telepon dari para penagih utang dapat menjadi sebuah mimpi buruk. Jika Anda terlambat, terlewat, atau lupa untuk membayar tagihan, Anda mungkin akan menerima jenis panggilan seperti ini. Dalam banyak kasus, para penagih utang melakukan pelecehan dan menyalahgunakan panggilan ini. Anda tidak perlu menerima saja perlakuan yang seperti ini. Undang-undang negara melindungi Anda sebagai pelanggan agar Anda diperlakukan dengan benar.­ Berikut beberapa cara untuk menghentikan masalah pinjol.

Jika Anda belum bisa membayar karena kondisi keuangan Anda belum memungkinkan. Sampaikan kepada penagih utang bahwa Anda akan menghubungi yang terkait langsung dengan perkara utang piutang. Jangan berjanji apa-apa kepada para penagih utang.

Undang-undang negara melindungi Anda sebagai pelanggan agar Anda diperlakukan dengan benar.­ Berikut beberapa cara untuk menghentikan masalah pinjol.
Baca juga : Tips Tidak Diteror Debt Collector Pinjol

Saya selalu mendapatkan sms tagihan utang atas nama orang lain, ternyata katanya itu nomor kita didapatkan karena orang tersebut menyimpan nomor kita dan dia meminjam uang via online. Apakah berarti data kita tidak aman buktinya mereka bisa mengirim sms untuk menagih utang.

Jika diperhatikan, beberapa bulan sebelumnya di media sosial cukup gencar ditayangkan iklan pinjaman online.  Iklan tersebut menawarkan plafon pinjaman yang tinggi dengan persyaratan relatif mudah.

Tak hanya pinjaman online, beberapa aplikasi semacam itu juga menawarkan kredit barang secara online – lagi-lagi dengan persyaratan relatif mudah.

Ada beberapa cara untuk menghentikan masalah pinjol.

Jangan mengabaikan para penagih utang. 

Jawab panggilan telepon itu dan periksalah apakah Anda memiliki utang atau tidak, apa yang dapat Anda lakukan agar dapat membayar utang Anda, atau mungkin jika panggilan penagihan tersebut adalah panggilan salah sambung. Hanya setelah Anda benar-benar mengerti alasan dari panggilan penagihan tersebut, Anda dapat menanggapinya dengan benar. Jika panggilan penagihan tersebut memang sah, Anda tidak akan dapat terus mengabaikannya.

Rekamlah pembicaraan telepon Anda.

Para pengacara suka dengan rekaman. Jika penagih utang menggunakan metode yang berlebihan untuk mengintimidasi Anda, mulailah rekam pembicaraan tersebut. Beritahukan kepada penagih utang tersebut di awal pembicaraan bahwa Anda merekam panggilan tersebut untuk menjadi bukti data yang formal, yang dapat digunakan sebagai dasar keluhan yang sah sesuai dengan undang-undang negara.

Ketahui hak-hak Anda.

Di bawah hukum negara, seorang penagih utang tidak diperbolehkan untuk melakukan ancaman apa pun atau menggunakan kata-kata yang melecehkan/menghina. Katakan kepada penagih utang Anda mengenai ini. Jika penagih utang tersebut palsu atau penipu, biasanya dia akan takut.