oleh

Beberapa Tips Mengatur Keuangan Saat Ramadhan di Tengah Pandemi Virus Corona

Beberapa Tips Mengatur Keuangan Saat Ramadhan di Tengah Pandemi Virus Corona

secret-financial.com – Puasa Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena saat ini berada di tengah pandemi virus Corona baru, COVID-19.

Jika biasanya saat menjelang buka puasa Ramadan atau ngabuburit sebagian orang banyak menghabiskan waktu diluar rumah dengan berburu takjil, kali ini kita diharuskan untuk tetap berada di rumah.

Kondisi ini tentu mengakibatkan kegiatan bisnis dan perekonomian menjadi lesu. Banyak yang sudah terdampak finansial dari pandemi COVID-19.

Urusan mengelola uang di tengah pandemi corona juga menjadi tantangan tersendiri. Seharusnya, kita bisa lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi ke kantor, nongkrong dan mudik  sementara waktu. 

Oleh karena itu, kita akan share ni beberapa tips mengatur keuangan saat Ramadhan di tengah pandemi virus corona. Semoga berguna untuk kita semua ya!
Baca juga:

Namun, tak semua orang mengetahui cara mengelola keuangan dengan baik lantaran belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Plus, hal ini bisa diperparah dengan sifat mudah tergiur diskon. Misalnya, kamu lagi iseng cuci mata di aplikasi belanja online, lalu lihat barang ‘incaran’ lagi diskon. Tiba-tiba kamu jadi tak sabar, langsung beli tanpa berpikir apakah kamu butuh barang tersebut atau tidak. Oleh karena itu, kita akan share ni beberapa tips mengatur keuangan saat Ramadhan di tengah pandemi virus corona. Semoga berguna untuk kita semua ya!

Bayar utang dan tagihan bulanan

Saat gaji tiba, kamu sebaiknya melunasi seluruh tagihan dan cicilan bulanan. Ingat! kamu wajib mendahulukan membayar utang cicilan jangka panjang seperti cicilan rumah dan kendaraan. Setelah itu, kamu bayar tagihan air, listrik, dan internet.

Jangan mudah terjebak dengan promosi

Saat bulan Ramadhan, untuk meningkatkan penjualan banyak penjual memberikan harga promo. Namun Anda jangan mudah tergoda jika promo ini pada akhirnya dapat merugikan Anda. Menurutnya, sah-sah saja jika menggunakan harga promo karena Anda mempunyai kebutuhan yang penting.

Buat anggaran & budget belanja persiapan lebaran

Tahun ini pemerintah menghimbau agar masyarakat tidak mudik terlebih dahulu. Namun, bukan berarti Anda tak dapat melakukan persiapan lebaran sama sekali. Justru pada bulan Ramadan tahun ini sale dan diskon akan bertebaran gila-gilaan di berbagai toko online maupun offline untuk menarik perhatian pembeli secepat-cepatnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed