oleh

BPS: Ada Pergeseran Puncak Inflasi di Tahun 2020 Gara-gara Covid-19

Covid-19 tak hanya menyerang kesehatan, tetapi merubah pola indikator di seluruh dunia. Salah satunya, pergeseran terjadinya puncak inflasi di Indonesia.

BPS: Ada Pergeseran Puncak Inflasi di Tahun 2020 Gara-gara Covid-19

secret-financial.com – Covid-19 yang merebak di dunia tak hanya menyerang kesehatan, tetapi juga merubah pola indikator di seluruh dunia. Salah satunya, pergeseran terjadinya puncak inflasi di Indonesia.

“Berbagai indikator menunjukkan pola tidak biasa. Inflasi Indonesia cenderung lemah, bahkan negara-negara lainnya juga lemah, menjurus ke deflasi karena ada penurunan daya beli masyarakat,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto, Rabu (1/7).

Baca juga: Ada Potensi 119 Perusahaan Relokasi dari China, Jokowi: Jangan Kalah dari Negara Lain

Di tahun-tahun sebelumnya, puncak inflasi biasanya jatuh pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Sementara di tahun ini, inflasi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri malah cenderung flat.

Sementara pada bulan Idul Fitri atau bulan Mei 2020, tercatat 0,07% mom yang dipengaruhi oleh turunnya permintaan akibat adanya pembatasan aktivitas yang menggerus pendapatan masyarakat dan permintaan.

Baca juga: Bank-bank Ini Mulai Tagih Biaya Pemulihan Ekonomi Nasional ke Pemerintah

Untuk itu, Suhariyanto mengaku kalau dirinya tidak bisa memprediksi kapan akan terjadi puncak inflasi pada tahun 2020 ini.

“Saya tidak bisa menjawab karena masih ada 6 bulan lagi di tahun 2020. Selain itu, BPS juga tidak buat proyeksi. Tapi di tahun ini polanya memang beda dari tahun-tahun sebelumnya akibat Covid-19,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed