oleh

Bunga Dandelion

Bunga Dandelion adalah bunga yang indah. Bunga ini memang tidak dihargai dengan harga yang tinggi tetapi siapa saja yang melihat tentu tidak dapat memungkiri keindahannya.

secret-financial – Bunga Dandelion adalah bunga yang indah. Bunga ini memang tidak dihargai dengan harga yang tinggi tetapi siapa saja yang melihat tentu tidak dapat memungkiri keindahannya.Bunga merupakan bagian yang indah dari tanaman. Saking indahnya beberapa jenis bunga dihargai dengan harga yang sangat mahal. Darisana dapat terlihat jelas bahwa sesuatu yang indah itu sangat berharga. Begitu pula dengan kehidupan. Kehidupan merupakan bagian yang indah dari segala yang ada. Bayangkan saja apabila tidak ada kehidupan. Apakah bunga akan tetap ada? Apakah manusia akan tetap ada? Tentu tidak. Bahkan kata indah itu sendiri juga tidak akan pernah ada.

Tidak berlebihan apabila orang mengatakan bahwa kehidupan itu indah. Karena memang demikian. Kehidupan membuat bunga-bunga bermekaran, burung-burung beterbangan, pohon-pohon tumbuh, dan segala hewan dapat bergerak. Kehidupan pula yang membuat manusia dapat merasakan sedih, gembira, kecewa, putus asa dan cinta. Itulah sebabnya kehidupan seharusnya menjadi sesuatu sangat berharga. Namun kenyataannya tidak selalu demikian.

Masih ada banyak orang yang tidak menyadari betapa berharganya kehidupan. Pembunuhan, peperangan, perburuan liar, pembakaran liar dan eksploitasi alam adalah beberapa contoh dari ketidaksadaran itu. Tapi mengapa orang menjadi tidak sadar? Mungkin karena dunia. Orang-orang hidup di dunia, yaitu tempat dimana siapa saja berjuang untuk hidup. Ada tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Untuk itu masing-masing orang mencari dan mempunyai caranya sendiri-sendiri dalam mengatasinya. Tidak jarang tantangan dan rintangan juga membuat orang-orang tersesat atau membutakan mata mereka. Keindahan dan keberhargaan kehidupan menjadi kabur atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Baca juga: Luhut Pastikan Vaksinasi Nasional Dimulai Rabu

Bunga Dandelion adalah bunga yang indah. Bunga ini memang tidak dihargai dengan harga yang tinggi tetapi siapa saja yang melihat tentu tidak dapat memungkiri keindahannya. Tidak hanya bunganya yang menarik benihnya pun seringkali menjadi objek foto. Namun meskipun demikian keindahan bunga ini juga seringkali tidak disadari. Mengapa? Mungkin karena bunga ini kerap tumbuh di tengah-tengah ilalang. Keindahannya tenggelam dalam rimbunnya ilalang. Bahkan ada yang mengira bunga ini merupakan salah satu bagian ilalang. Tetapi hal itulah yang menjadikan bunga Dandelion begitu menarik.

Bunga Dandelion adalah bunga yang indah. Bunga ini memang tidak dihargai dengan harga yang tinggi tetapi siapa saja yang melihat tentu tidak dapat memungkiri keindahannya.

Bunga Dandelion sesungguhnya merepresentasikan kehidupan. Bahkan lebih jauh lagi ia memberikan pelajaran tentang kehidupan. Ketika bunga Dandelion masih berupa benih ia akan pasrah mengikuti kemana arah angin membawanya. Sebab benih Dandelion yang rapuh begitu mudah ditiup oleh angin. Namun setelah ia sampai ke tanah ia akan tetap tumbuh tanpa mengeluh. Dandelion akan tetap berbunga meskipun di tengah-tengah ilalang. Ia justru membawa keindahan di antara ilalang-ilalang yang menghimpitnya. Begitulah seharusnya kehidupan ini dijalani. Seperti bunga Dandelion.

Baca juga: Keluarga Korban Sriwijaya Air Minta Urusan Pendataan Tidak Berbelit

Apabila kehidupan sama seperti bunga Dandelion. Seseorang seharusnya memasrahkan kehidupannya kepada Sang Pencipta. Karena tidak ada yang tahu pasti kemana Ia akan membawa meskipun setiap manusia memiliki rencana sendiri. Tidak jarang manusia mengeluh dalam menjalani kehidupan ini. Terutama saat ia bertemu dengan ilalang atau masalah. Keindahan kehidupan tidak dapat lagi dirasakan. Semua keindahan itu seakan-akan tenggelam dalam ilalang masalah yang dihadapi.

Setiap orang merasa semua tantangan dan rintangan di dalam hidupnya begitu berat. Perasaan menjadi kosong dan hampa. Ada keraguan yang juga perlahan menggerogoti diri. Banyak yang merasa sudah berusaha tapi rasanya sia-sia. Refleksi ini bertujuan untuk menyadarkan siapa saja bahwa mereka selama ini terlena. Tidak sedikit orang yang merasa berkuasa atas dirinya sendiri, atas kehidupan. Padahal siapalah aku (individu)? Aku bukan apa-apa. Seharusnya aku belajar dari Dandelion dan memang seseorang harus belajar darinya.

Dunia, dimana saja tempatnya, akan tetap sama. Untuk dapat hidup di dalamnya manusia tidak dapat mengandalkan diri sendiri. Ia harus pasrah kepada Sang Pencipta seperti benih Dandelion yang pasrah dibawa angin. Dengan demikian ketika tiba saatnya maka kehidupan ini akan memekarkan bunga meski di tengah-tengah ilalang sekalipun. Dan manusia memang seharusnya membawa keindahan itu di sana, membuat kehidupannya menjadi sesuatu yang indah.

Tentang Penulis: Srigala Jantan

Gambar Gravatar
Penulis adalah seorang pemimpi, perenung, dan pemikir. Alumnus Sekolah Tinggi Filsafat di salah satu perguruan tinggi Malang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed