oleh

Cara Kredit Mobil Syariah Bebas Riba

Cara Kredit Mobil Syariah Bebas Riba.

SECRET-FINANCIAL.COM – Membeli dengan cara mencicil menggunakan instrumen keuangan kredit yang disediakan oleh lembaga perbankan dan juga non bank sudah menjadi hal yang lazim di masyarakat.

Banyak fasilitas pembiayaan kredit yang diperuntukkan untuk membeli berbagai produk. Seperti rumah, kendaraan, alat elektronik, dan sebagainya. Selain itu, ada fasilitas kredit kendaraan bermotor yang bisa dimanfaatkan.

Untuk bisa memiliki mobil, anda harus menyiapkan dana yang tak sedikit. Terlebih jika anda mengincar mobil baru. Namun tahukah anda bahwa memiliki mobil tak harus keluar banyak uang. Caranya, anda pilih saja sistem kredit. Akan terasa semakin menguntungkan apabila anda memilih kredit mobil tanpa riba. Dengan sistem tanpa riba, anda pastinya bisa lebih hemat biaya. Tak hanya itu, sistem kredit mobil yang tidak ada unsur riba ini juga sesuai dengan syariat agama Islam, kredit mobil syariah bebas riba.

Sistem kredit mobil yang tidak ada unsur riba ini juga sesuai dengan syariat agama Islam, kredit mobil syariah bebas riba.

Di bank syariah, pembiayaan kendaraan bermotor atau kredit mobil menggunakan sistem murabahah. Sebagai informasi, murabahah adalah akad jual beli antara bank syariah dan nasabah.

Dalam akad murabahah, nantinya dijelaskan jenis dan jumlah barang. Terus ada rincian mengenai margin keuntungan yang diambil bank sebagai ganti bunga.

Apa sih Perbedaan Kredit Konvensional dengan Kredit Syariah

Kredit kendaraan bermotor merupakan salah satu fasilitas pembiayaan yang paling banyak dijangkau masyarakat. Karena tingginya kebutuhan atas kendaraan bermotor khususnya mobil.

Secara umum, ada dua jenis kredit kendaraan bermotor yang ditawarkan perbankan. Yakni kredit kendaraan bermotor konvensional dan syariah. Kalau kamu ingin mengajukan kredit kendaraan bermotor, ada baiknya untuk memahami kedua jenis kredit tersebut.

Kredit Kendaraan Bermotor Konvensional

Kredit kendaraan bermotor konvensional sangat mudah ditemukan dalam keseharian kita. Kredit ini paling banyak dipakai untuk membeli mobil dengan mencicil.

Dalam kredit kendaraan tipe ini, bank biasanya menerapkan suku bunga yang mengacu dari Bank Indonesia. sehingga cukup menguntungkan karena bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk mengambil kredit.

Kredit Kendaraan Bermotor Syariah

Kredit kendaraan bermotor dengan sistem syariah pada umumnya menggunakan akad murabahah. Yang berarti pembiayaan untuk membeli kendaraan diberikan sesuai dengan harga kendaraan tersebut. Ditambah oleh margin untuk pemberi kredit yang disepakati di awal. Sehingga proses pembelian kendaraan bisa dilakukan dengan cara kredit selama tenor yang ditentukan.

Tidak Ada Istilah Denda Keterlambatan Pembayaran

Kredit kendaraan bermotor syariah tidak menggunakan sistem suku bunga. Jumlah cicilan yang harus dibayar sejak awal hingga akhir masa kredit selalu sama dan tidak pernah berubah. Jumlah cicilannya hampir sama dengan kredit konvensional yang menggunakan sistem suku bunga tetap. Sehingga bisa memberikan kepastian kepada debitur terkait jumlah cicilan yang harus dibayarkan tanpa terpengaruh oleh fluktuasi suku bunga Bank Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed