oleh

Cara Mengatasi Kartu Kredit Macet

SECRET-FINANCIAL.COM, Surabaya – Jelang pergantian tahun, pastinya kamu harus mempunyai resolusi yang baru. Bila ingin memikirkan masa depan yang cerah, buatlah resolusi untuk menghapus semua utang di kartu kreditmu dan saya akan kasih tips cara mengatasi kartu kredit macet.

Kartu kredit bisa diibaratkan sebagai pisau bermata dua. Satu sisinya memberikan manfaat berupa pembayaran yang dapat diangsur atas suatu produk. Sementara itu, satu sisi yang lain dapat menjerumuskan Anda pada permasalahan keuangan yang bisa disebut dengan kredit macet. Permasalahan terlilit utang serta sulit menutupinya merupakan permasalahan klasik yang kerap terjadi pada hampir setiap pemegang kartu kredit.

Berbelanja menggunakan kartu kredit memang menyenangkan. Karena kita bisa mendapatkan barang lebih dulu baru kemudian membayar tagihan bulan depan. Tapi jika salah pengelolaan, kartu kredit bisa berbahaya bahkan bisa melilit dan membuat sakit.

Jika Anda adalah pelanggan setia kartu kredit itu artinya Anda berpotensi menambah pundi-pundi utang kepada bank dimana kartu kredit itu dikeluarkan. Berikut kesalahan-kesalahan dalam penggunaan kartu kredit dan cara mengatasi kartu kredit macet.

Buatlah resolusi untuk menghapus semua utang di kartu kreditmu dan saya akan kasih tips cara mengatasi kartu kredit macet.
1. Nilai Kartu Kredit

Cek besarnya nilai potongan, di antaranya provisi atau biaya administrasi yang dapat mengikis besarnya utang.

2. Durasi utang

Semakin cepat jatuh tempo kredit maka semakin kecil pula bunganya.

3. Waktu pembayaran

Beri perhatian khusus pada tanggal jatuh temponya kapan dan berapa besarnya denda jika telat membayar.

4. Maksimal jumlah utang

Belanja dengan kartu kredit yang menyebabkan pendapatan Anda tergerus 30 persen atau lebih.

5. Asuransi

Opsi ini merupakan bentuk antisipasi jika si pemegang kartu kredit meninggal dunia. Namun, jika ada aset yang bisa menutupi hutang tersebut, asuransi tidak diperlukan lagi.

Solusi Lepas dari Lilitan Utang

Salah satu cara untuk mengatasi utang pada kartu kredit yaitu dengan menggunakan kartu debit. Kartu-kartu ini tidak membebani bunga dan potongan yang berat.

Kamu juga perlu merencanakan untuk melunasi utangmu. Penawaran 0% bisa saja hanya selama periode promosi, dan tarifnya bisa meroket setelah itu. Pastikan kamu mampu membayar pembayaran bulanan dalam waktu yang ditentukan.

Walaupun tindakan ini tidak cukup untuk menekan utang, kamu juga harus bisa mengelola kebiasaan berbelanjamu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed