oleh

Cara Mudah Menghapus Data di Aplikasi Pinjaman Online

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghapus data kontak dari pinjaman online. Bagi anda yang sudah merasakan bagaimana kerugian yang didapatkan

Secret-financial – Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghapus data kontak dari pinjaman online. Bagi anda yang sudah merasakan bagaimana kerugian yang didapatkan ketika sudah meminjam uang di pinjaman online, pastinya akan merasa menyesal dan tidak ingin mengulanginya lagi. Sayangnya pemberitahuan informasi selalu saja dilakukan tanpa henti. Nah, anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut untuk menghapus data yang sudah tersimpan oleh pinjaman online sehingga sudah tidak ada lagi pemberitahuan informasi dan peringatan lainnya.

Sebelum melakukan penghapusan data, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah kewajiban pembayaran hutang bagi peminjam. Sebagai salah satu bentuk tangggung jawab karena telah meminjam uang di fintech, maka anda harus melakukan pelunasan uang yang sudah dipinjam sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya.

Cara ini perlu kamu pahami jika kamu sudah berkomitmen untuk meninggalkan layanan pinjol dan beralih ke jenis produk pinjaman lainnya, atau mungkin sudah kapok dengan urusan pinjam-meminjam uang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Izin Aplikasi Pinjaman Online Mengakses Telpon

Berikut ini Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online:

1. Jika pinjaman sudah lunas, hubungi call center pinjol tersebut dan mengajukan permohonan penghapusan data pribadimu.

2. Hapus aplikasi pinjol yang sudah terinstall di smartphone.

Hapus aplikasi pinjaman online yang sudah terinstall di HP. Tentunya sebelum melakukan pinjaman uang di fintek anda diharuskan mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu untuk melakukan proses pengajuan. Di situ pula anda memberikan beberapa data pribadi sebagai syarat pengajuan pinjaman seperti KTP, KK hingga nomor orang terdekat yang bisa dihubungi.

3. Ganti SIM card.

Hal ini bertujuan agar fintech tersebut tidak bisa menghubungi anda lagi.

4. Hapus akun media sosial WA, IG, LINE hingga Facebook.

Anda juga harus melakukan uninstal terhadap beberapa aplikasi media sosial yang sebelumnya sudah dipakai seperti WA, IG, LINE hingga facebook.

5. Ganti dengan akun bernomor baru.

Jika anda masih membutuhkan media sosial tersebut, maka buatlah akun dengan nomor baru.

6. Jika gangguan masih berlanjut, laporkan ke OJK.

Namun, ada beberapa pinjaman online yang tidak terdaftar Otoritas Jasa Keuangan sehingga melakukan acaman dan gangguan yang berlebihan. Kredit yang terus menerus harus dibayar tanpa henti padahal jumlah pinjaman yang anda ajukan hanya sedikit. Untuk kasus ini maka anda bisa melaporkan pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pinjaman online tersebut tidak lagi melakukan ancaman secara terus menerus.

Perlindungan Hukum

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyoroti penyalahgunaan data kontak pribadi nasabah, 

Pemerintah juga mendorong agar praktek penyalahgunaan ini tidak berlarut-larut. Pinjol yang melakukan penyalahgunaan data akan dikenakan sanksi perdata maupun pidana yang cukup berat melalui RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Semoga tips ini bisa membantumu keluar dari masalah penyalahgunaan data nasabah dalam aplikasi online ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed