oleh

Cara Untuk Menghentikan Masalah Kartu Kredit

Share by :

SECRET-FINANCIAL.COM, Surabaya – Siapakah debt collector? Debt collector adalah tenaga profesional yang disewa oleh bank atau penyedia pinjaman untuk menagih para penunggak utang. Debt collector biasanya diminta oleh bank jika pemilik tidak membayar utang dalam jangka waktu cukup lama sehingga utang kartu kredit masuk kategori macet. Selain menagih utang yang menumpuk, para debt collector akan menagih jika pemilik kartu kredit tidak memberikan informasi atau kabar kapan akan membayar tagihan. Saya akan kasih cara untuk menghentikan masalah Kartu Kredit.

Debt collector akan menagih jika debitur tidak memberikan kabar kapan akan membayar tagihan. Saya akan kasih cara untuk menghentikan masalah Kartu Kredit.
Baca juga : Tips Tidak Diteror Debt Collector Pinjol

Pemerintah dalam hal ini bank Indonesia telah mengatur mekanisme penagihan yang dilakukan oleh debt colletor dalam surat edaran nomor 14/17/DASP. Yang harus dipahami dengan baik oleh para pemilik kartu kredit dan calon pemilik kartu kredit.

  1. Dalam menjalankan tugasnya debt collector harus dilengkapi dengan identitas dan surat tugas yang jelas dan lengkap dari perusahaan. Sudah menjadi kewajiban perusahaan penerbit kartu kredit/lembaga pembiayaan maupun perusahaan ketiga yang bekerja sama dengan bank/lembaga keuangan untuk mengatur administrasi para debt collector dengan baik.
  2. Debt collector (biasanya perusahaan jasa ketiga) harus bisa bekerja sesuai dengan standar kualitas pelaksanaan penagihan Kartu Kredit yang berlaku di bank atau lembaga pembiayaan sehingga proses pelaksanaan penagihan Kartu Kredit yang dilakukan Debt collector sama baiknya dengan yang dilakukan sendiri oleh Penerbit Kartu Kredit.
  3. Debt collector baru bisa bekerja jika posisi tagihan Kartu Kredit telah macet sesuai kriteria kolektibilitas yang berlaku di Bank Indonesia. Jadi proses penagihan debt collector tidak bisa dilakukan jika baru sebatas telat bayar di luar jadwal jatuh tempo.
  4. Debt colletor profesional haruslah terlatih yang paham baik dari sisi teknis penagihan maupun dalam menjalankan etika penagihan sesuai ketentuan yang berlaku sehingga tidak merugikan nasabah.

Undang-undang negara melindungi Anda sebagai pelanggan agar Anda diperlakukan dengan benar. Jika Anda dilecehkan melalui panggilan telepon dari penagih utang, ada beberapa cara untuk menghentikan masalah kartu kredit.

  1. Jangan mengabaikan para penagih utang.
  2. Rekamlah pembicaraan telepon Anda.
  3. Jangan lakukan pemalsuan data.
  4. Ketahui hak-hak Anda.
  5. Berhati-hatilah dengan para penipu dan para penagih utang yang tidak sah.

Komentar

Tinggalkan Balasan