oleh

Corona, Ketua OJK Minta Leasing Tarik Kredit Macet Tak Pakai Debt Collector

Corona, Ketua OJK Minta Leasing Tarik Kredit Macet Tak Pakai Debt Collector

Kemudian, OJK juga minta para perusahaan leasing pembiayaan agar menghentikan sistem penagihan pengembalian pembiayaan dengan tak pakai debt collector.

SECRET-FINANCIAL.COM – Menghadapi wabah virus Corona, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan stimulus khusus bikin debt collector tidak boleh narik motor.

Stimulus ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam upaya penyelamatan dunia usaha.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan kebijakan stimulus perekonomian di sektor industri keuangan non bank dengan melonggarkan ketentuan kewajiban pembayaran di perusahaan pembiayaan.

“Tolong ini dilakukan hal sama. Jangan gunakan penagihan menggunakan debt collector. Setop dulu. Dan ini tentunya selama lanjutkan pembayaran pokok plus bunga ini gimana sektor ini bisa tetap bertahan. Itu garis besar bagaimana mendukung upaya pemerintah agar sektor usaha bertahan sambil menunggu bagaimana COVID-19 ini bisa selesai dampaknya dan diminimalisir,” jelas Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso.

Baca juga : Wakapolri Perintahkan Berantas Habis Debt Collector Perampas Motor

Menurutnya, pada intinya banyak sekali sektor yang berdampak secara langsung dari wabah corona, terutama sektor pariwisata, transportasi, dan sektor lainnya seperti hotel.

“Ini sudah ada beberapa sektor langsung tapi juga sektor yang tidak langsung. Kebijakan kita di sektor keuangan untuk pengusaha ini bisa bertahan. Jangan sampai ambruk dan menimbulkan layoff (PHK),” lanjutnya.

“Kami juga perbolehkan di bawah Rp10 miliar termasuk UMKM dan KUR itu boleh restructuring dengan permintaan untuk membayar bunga atau pokok atau bunga plus pokok sampai paling lama satu tahun. Kalau nasabah bisa kurang dari satu tahun silahkan. Kalau memang perlu satu tahun silahkan,” tambahnya.

Kemudian, OJK juga minta para perusahaan leasing pembiayaan agar menghentikan sistem penagihan pengembalian pembiayaan dengan tak pakai debt collector.

“Terutama untuk kredit motor, ojek, jangan lakukan penagihan menggunakan debt collector, selama kami tangguhkan pembayaran pokok dan bunganya, seharusnya ada pemikiran lain agar sektor ini bisa bertahan,” ucapnya.

Dia juga meminta lembaga pembiayaan dan perusahaan leasing agar tidak melakukan penagihan kredit macet setahun ke depan.

“Kami dan customer pasti akan berkomunikasi untuk memberikan stimulus yang diberikan oleh OJK,” pungkasnya.

Pihak MTF berharap kondisi wabah virus Corona saat ini segera teratasi dan keadaan ekonomi kembali membaik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed