oleh

Faisal Basri Sebut Ekonomi Negara Pulih Jika Penyebaran Covid Terkendali

Ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengatakan hampir semua negara di dunia mengutamakan pengendalian penyebaran Covid-19

Faisal Basri Sebut Ekonomi Negara Pulih Jika Penyebaran Covid Terkendali

secret-financial.com – Ekonom senior Universitas Indonesia Faisal Basri mengatakan hampir semua negara di dunia mengutamakan pengendalian penyebaran Covid-19 sebelum menyelamatkan ekonomi. Negara seperti Selandia Baru, Finland, Jerman, Singapore, Malaysia, dan Thailand yang mengendalikan virus, kata dia, sudah mulai membuka pariwisata.

“Indonesia masih di-blacklist karena reputasi menangani Corona terburuk keempat di dunia. Jadi sadar tidak sadar, kita dihukum oleh dunia gara-gara tidak becus menangani pandemi ini,” kata Faisal dalam diskusi dengan Dewan Perwakilan Rakyat komisi VI, Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020.

Dia menuturkan Italia dan Spanyol kasus penyebaran Covid-19 masih naik seperti di Indonesia, namun terkendali sehingga perekonomian susah pulih. Untuk mempercepat pengendalian penyebaran, kata dia, testing Covid-19 harus diperbanyak.

Baca juga: Ini Kunci agar UMKM Indonesia Bisa Naik Kelas

Saudi Arabia, kata dia, juga kasusnya naik terus, namun testing diperbanyak sehingga penyebaran terkendali. 

Dia melihat data di beberapa negara itu, bahwa pada saat testing dengan hasil positif, langsung dilakukan isolasi dan dilakukan penelusuran kontak sehingga penyebaran covid bisa dikendalikan. Sedangkan di Indonesia, menurutnya, pemerintah tidak memiliki strategi testing.

Untuk melakukan peningkatan pengetesan Covid-19, kata dia, setidaknya diperlukan 200 ribu sukarelawan untuk keperluan contact tracking (penelusuran kontak). Dia menyarankan kontak tracing itu menggunakan Badan Pusat Statistik. “Percayalah semua ekonom itu mengatakan kesehatan didahulukan,” kata dia.

Adapun Satgas penanganan Covid-19 melaporkan jumlah positif Covid-19 di Indonesia bertambah 2.858 orang per Ahad, 30 Agustus 2020. Sehingga, total ada 172.053 kasus positif di Indonesia saat ini.

Baca juga: Faisal Basri Sebut Pemahaman Menko Airlangga tentang Resesi Salah

Dikutip dari laman covid19.go.id, jumlah pasien sembuh bertambah 1.383 orang, sehingga total pasien sembuh ada 124.185 orang. Sedangkan pasien yang meninggal bertambah 82 orang, sehingga total ada 7.169 pasien Covid-19 yang meninggal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed