oleh

Jalan Keluar Bebas Jeratan Utang Pinjol

Share by :

SECRET-FINANCIAL.COM, Surabaya – Salah satu ciri pinjaman online adalah proses yang mudah dan keputusan kredit yang cepat dalam hitungan menit. Namun, cara ini memiliki resiko tidak bayar pinjaman online yang tidak kecil sehingga perlu penagihan. Saya akan kasih jalan keluar bebas jeratan utang pinjol.

Karena itu, jika tertarik mengambil kredit online atau KTA online sebaiknya paham bagaimana praktek collection di Fintech. Tujuannya supaya mengerti sejak awal konsekuensi jika pinjaman online macet di Fintech.

1. Akses Data Telpon via Aplikasi

Peminjaman online dilakukan melalui media aplikasi yang harus diunduh oleh calon nasabah. Selain untuk alasan kemudahan dan kecepatan, aplikasi tersebut sebenarnya digunakan pula untuk proses penagihan.

Cara ini memiliki resiko tidak bayar pinjaman online yang tidak kecil sehingga perlu penagihan. Saya akan kasih jalan keluar bebas jeratan utang pinjol.

Salah satunya adalah penagihan kepada keluarga, teman atau pihak lain, yang kontaknya tercatat dalam telpon nasabah yang mengambil pinjaman dan menunggak.

2. Menjadi Stres

Ketika tagihan utang tidak bisa lagi terbayarkan, denda dan bunga akan tetap terus berjalan. Belum lagi setiap harinya pihak penyelenggara menghubungi Anda untuk mengingatkan membayar utang. Situasi seperti ini tentunya hidup tidak bisa nyaman lagi.

3. Kunjungan ke Rumah dan Kantor

Dalam kondisi nasabah kabur dari pinjaman online, langkah yang terpaksa diambil adalah melakukan kunjungan ke kantor, lokasi usaha dan rumah nasabah untuk melakukan penagihan pinjaman.

Penagihan melalui kunjungan langsung kepada Peminjam yang gagal melunasi utang di lokasi usaha, tempat tinggal atau tempat lain dari Peminjam. Artinya tim penagih utang Aplikasi  akan mendatangi Peminjam di tempat tinggal atau lokasi usahanya untuk ditagih hutangnya secara langsung;

4. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Sekarang ini masih ada saja nasabah yang melakukan gali lubang tutup lubang dalam melunasi utangnya. Padahal cara ini tak membuat utang selesai, justru hanya membuat seseorang terbelit utang. 

OJK mengizinkan para debitur pinjol illegal melakukan ini untuk jalan keluar bebas jeratan utang pinjol:

1. Restrukturisasi pinjaman

kalau kamu sudah terlanjur meminjam dan tidak mampu membayar saat jatuh tempo maka bisa melakukan restrukturisasi pinjaman.

2. Minta pengurangan bunga

Ini juga bisa dilakukan oleh masyarakat sehingga ada kemungkinan bisa membayar sesuai dengan kemampuan bayar

3. Lapor polisi

Apabila kamu sudah berupaya meminta dua keringanan tersebut tetapi tidak dikabulkan oleh pihak pinjol ilegal, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melaporkannya ke polisi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar