oleh

Kasus Corona di Jatim 90 Positif, 5.071 ODP, 336 PDP

Kasus Corona di Jatim 90 Positif, 5.071 ODP, 336 PDP

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali mengupdate data kasus corona di Jatim, ada 90 orang positif corona, 336 PDP dan 5.071 ODP.

SECRET-FINANCIAL.COM –  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali mengupdate data kasus corona di Jatim, ada 90 orang positif corona, 336 PDP dan 5.071 ODP.

“Kita update dinamika Covid-19 di Jatim. Tercatat yang terkonfirmasi positif ada 90 orang. PDP ada 336 orang dan tercatat 5.071 orang ODP,” kata Khofifah di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (29/3/2020).

Khofifah menjelaskan, dari 13 pasien baru, dua di antaranya di Situbondo, dua Lumajang, satu Surabaya, satu Sidoarjo, satu Kota Malang, satu Jember, satu Banyuwangi, satu Pamekasan, satu Tulungagung, satu Blitar dan satu Jombang. 

“Artinya ada empat daerah baru yang terjangkit virus corona. Kita juga melihat beberapa daerah yang hari ini menjadi merah tambahan. Misal Pamekasan, Banyuwangi, (Tulungagung) dan Jombang,” ucapnya.

Baca juga : Tim Pakar COVID-19 Tidak Merekomendasikan Bilik Disinfeksi

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sebelumnya mengalami penurunan kini kembali meningkat menjadi 336 orang.

Surabaya menjadi kota terbanyak kasus virus corona dengan rincian 206 ODP, 61 PDP dan 41 positif Covid-19.

Sementara, tambahan kasus Covid-19 lainnya terjadi di Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jombang yang kini menjadi zona merah.

Pihaknya mengatakan meski angka positif covid-19 di Jatim terus mengalami tren kenaikan, Khofifah menegaskan bahwa masih ada kabar baik yaitu pasien positif yang dinyatakan sembuh di Jatim juga bertambah.

“Hari ini kami bersyukur ada 5 orang yang tadinya dinyatakan positif sudah terkonversi menjadi negatif. Yaitu ada 3 pasien yang dirawat di rumah sakit di Surabaya dan juga 2 pasien yang dinyatakan sembuh dari rumah sakit di Malang,” kata Khofifah.

Meski begitu Khofifah juga menyebutkan bahwa per hari ini juga ada penambahan kasus positif covid-19 di Jatim yang akhirnya harus meninggal. Dimana ada 3 orang yang meninggal yaitu dari Surabaya, Magetan dan Gresik.

Ada 13 yang sudah terkonfirmasi negatif. Artinya, mereka sudah sembuh. Yakni, tiga dari RSU Saiful Anwar Malang dan 10 dari Surabaya (RSUD dr Soetomo Surabaya dan RSUA Surabaya).

Untuk itu, Gubernur Khofifah menegaskan, agar meningkatkan kewaspadaan dan memaksimalkan langkah pencegahan Covid-19.

“Tetap menjaga jarak sosial, melakukan olah raga, tinggal di rumah dan keluar hanya urgent, pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan yang baik atau jangan mengundang atau datang ke keramaian dulu. Jangan melakukan suasana yang menjadikan panik. Tempat wisata, hiburan malam, night club, diskotek segera ditutup. Masih banyak masyarakat yang rupanya tidak ikuti imbauan. Penyebaran Covid-19 ini jangan pernah dianggap sepele. Kewaspadaan harus berlapis,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed