oleh

Kena PHK? Begini Cara Mudah Mengelola Uang Pesangon

Baiknya Anda mengatur kembali kondisi keuangan. Karena, Anda hanya bergantung dengan pesangon dan tabungan, ini cara mudah mengelola uang pesangon.

Kena PHK? Begini Cara Mudah Mengelola Uang Pesangon

secret-financial.com – Uang pesangon bisa jadi sumber dana yang cukup untuk membiayai hidup Anda setelah terkena PHK. Dengan catatan, Anda dapat mengelola dana tersebut baik mungkin. 

Anda jangan terlalu merana atau berhura-hura untuk menghilangkan kesedihan akibat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hidup Anda belum tamat kok ! Sebaiknya Anda mulai bangkit dari rasa sedih yang melanda. Sebab, Anda masih mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di tempat baru.

Sejumlah perusahaan telah mengambil langkah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagai upaya efisiensi perusahaan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi virus korona (corona-19) yang belum juga usai.

Bagi karyawan atau pekerja yang terkena PHK tentunya harus lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan. Terutama, mengelola pesangon yang diperoleh dari perusahaan.

Baca juga: May Day Kelabu di Jatim: 32.365 Buruh Dirumahkan, 5.348 Buruh PHK

Perencana Keuangan & Founder Halo Duit Ferdie Darmawan menyarankan pengelolaan uang pesangon harus benar-benar tepat untuk bertahan hidup sampai mendapat pekerjaan baru.

Sebelum sibuk mencari pekerjaan, baiknya Anda mengatur kembali kondisi keuangan. Karena, Anda hanya bergantung dengan pesangon dan tabungan, ini cara mudah mengelola uang pesangon.

Buat daftar pengeluaran

Anda buat daftar pengeluaran (normal) per bulan. Jangan lupa, Anda harus mencatat seluruh pengeluaran secara detil. Bila sudah, Anda total seluruh biaya pengeluaran tersebut.

Kemudian, Anda bagi total aset dengan total pengeluaran. Hasilnya, adalah tempo waktu Anda dapat hidup menggunakan dana tersebut.

Hilangkan pengeluaran hura-hura

Untuk berhemat, Anda dapat mengurangi atau menghilangkan anggaran entertaiment. Bila merasa terlalu berat, Anda dapat mengurangi sebagian dana hura-hura.

Misalnya, setiap weekend Anda selalu berbelanja baju baru. Anda dapat mengubahnya dengan membeli baju sebulan sekali.

Atau saban hari Anda nongkrong di kedai kopi dengan biaya Rp 100 K per kunjungan. Anda dapat mengurangi intensitas kunjungan menjadi satu kali per minggu.

Ubah gaya hidupmu

Kamu sedang berada dalam masa sulit. Maka, sesuaikan tingkat konsumsi dengan kondisi keuangan. Jika perlu tekan pengeluaran hingga mencapai 70% dari konsumsi normal. Caranya mudah kok, dalam tiga bulan ini kualitas makanan harus kamu turunkan.

Lunasi utang

Bila memiliki utang, sebaiknya dana pesangon digunakan untuk melunasi utang-utang. Pelunasan utang akan meringankan beban di tengah situasi sulit seperti ini.

Sisihkan Uang Untuk Investasi

Sisihkan untuk investasi dari dana pesangon yang Anda punya. Apabila Anda berniat untuk mencari pekerjaan lagi. Uang pesangon bisa produktif bila diinvestasikan dalam jangka yang panjang. Ini bisa dilakukan kalo 3-4 bulan ke depan Anda bisa bekerja kembali. Salah satu investasi paling mudah adalah investasi emas ataupun properti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed