oleh

Kredit KPR Macet ? Ini Solusi Yang Harus Anda Pahami

SECRET-FINANCIAL.COMKredit KPR Macet ? Ini Solusi Yang Harus Anda Pahami. Salah satu karakterisitk anak muda, banyak yang ingin menjadi wirausaha atau freelancer yang waktu kerjanya fleksibel, bukan pekerja kantoran. Kalaupun bekerja di sebuah institusi seperti perusahaan, banyak yang tidak betah dan suka berpindah-pindah demi menemukan suasana kerja yang cocok dengan gaya hidupnya.

Banyak opsi pembayaran ketika Anda membeli rumah, mulai dari cash keras, installment alias cash bertahap, atau dengan memanfaatkan cicilan KPR. Tapi adakalanya karena cicilan KPR punya jangka waktu pembayaran yang lama (antara 5 hingga 20 tahun) jadi berpotensi timbul masalah. Misalnya saja pembayaran cicilannya yang tidak lancar.

Kredit KPR macet adalah mimpi buruk setiap orang. Kondisi ini bisa terjadi bila Anda tak jeli menyesuaikan besaran cicilan dengan pemasukan.

Kredit KPR macet adalah mimpi buruk setiap orang. Kondisi ini bisa terjadi bila Anda tak jeli menyesuaikan besaran cicilan dengan pemasukan. Akibatnya, rumah yang sudah dicicil bisa dijual ke pihak lain dalam tengat waktu yang singkat.

Kredit KPR macet adalah mimpi buruk setiap orang. Kondisi ini bisa terjadi bila Anda tak jeli menyesuaikan besaran cicilan dengan pemasukan. Akibatnya, rumah yang sudah dicicil bisa dijual ke pihak lain dalam tengat waktu yang singkat.

Baca juga :

Perlu dipahami, karena peran bank ditiadakan, proses pengecekan kemampuan bayar calon konsumen di Bank Indonesia (BI Checking) menjadi tidak diperlukan, melainkan kemampuan membayar konsumen hanya melalui dinilai melalui rekam jejak di rekening koran mereka. Oleh karena itu, kamu harus melakukan self assessment untuk mengukur kemampuan bayar cicilan bulanan agar terhindar dari risiko kamu gagal membayar di kemudian hari. Lalu, karena tidak ada peranan dari industri keuangan tertentu, kamu tidak dapat ‘mengadu’ ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) apabila timbul sengketa di kemudian hari.

Solusi KPR Macet
1.    Manfaatkan ‘Bank Saudara’

Solusi mudah pertama adalah meminjam uang kepada kerabat Anda.

2.    Mengajukan Pinjaman ke Koperasi Kantor

Bila tidak ada kerabat yang bisa membantu, Anda bisa mengajukan pinjaman ke koperasi kantor.

3.    Restrukturisasi Kredit

Restrukturisasi kredit adalah upaya perbaikan yang dilakukan bank terkait kegiatan perkreditan.Upaya ini dilakukan untuk membantu debitur yang mengalami kesulitan memenuhi kewajibannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed