oleh

Mana yang Lebih Dulu Ada…Ayam atau Telur?

Apakah ada yang pernah main tebak-tebakan Ayam dan Telur mana yang lebih dulu ada? ni adalah tebak-tebakan yang paling klasik di dunia

Secret-FinancialApakah ada yang pernah main tebak-tebakan Ayam dan Telur mana yang lebih dulu ada?

Ini adalah tebak-tebakan yang paling klasik di dunia dan menghasilkan perdebatan yang tidak ada habisnya. Ada yang mengatakan bahwa ayam lebih dulu hadir karena ayam yang menghasilkan telur. Tapi ada juga yang mengatakan telur ada lebih dulu hadir karena ayam tidak akan ada tanpa telur.

Nah untuk kamu yang masih memperdebatkan masalah ini. Jawabannya sudah ada lho. Ilmu pengetahuan sudah meneliti hal tersebut sejak lama. Berikut jawaban mana yang lebih dahulu ada antara ayam dan telur menurut sains.

Asal Mula Ayam

Sebuah riset dari Australian Academy Of Science mengungkapkan bahwa pada jaman dahulu belum ada ayam seperti yang kita kenal sekarang. Yang ada ialah seekor hewan menyerupai ayam secara teknis. Makhluk tersebut memiliki sayap tetapi tidak bisa terbang, memiliki paruh dan dua kaki. Hewan inilah yang kemudian mengalami mutasi genetik terus-menerus sehingga melahirkan proto ayam atau nenek moyangnya ayam yakni ayam hutan merah (Gallus gallus).

Selama bertahun-tahun ayam hutan merah terus berevolusi. Setiap perkawinan ayam mutasi genetik tersebut terjadi di setiap sel tubuh lain saat embrio ayam tumbuh. Evolusi ini terus terjadi hingga pada suatu waktu muncullah telur sebagai cikal bakal telur yang kita kenal sekarang. Proses tersebut menghasilkan ayam yang kemudian menjadi Gallus Gallus Domestikus yaitu ayam peliharaan.

Menurut para ilmuan Gallus gallus memiliki lapisan telur yang kurang produktif dan agresif jika dibanding dengan hasil mutasinya Gallus Gallus Domestikus. Manusia sudah mendomestikasi Gallus Gallus kurang lebih sejak 10 ribu tahun yang lalu. Sedangkan berdasarkan analisis DNA dan simulasi matematis ayam sudah ada sejak 58 ribu tahun silam.

Asal Mula Telur

Telur adalah wadah untuk menjaga serta memelihara embrio agar bisa bertahan hidup dan berkembang. Pertama kali munculnya telur adalah jutaan tahun yang lalu. Para ilmuan menyatakan bahwa sebagian besar hewan berkembangbiak dengan perantaraan air, seperti bertelur di kolam atau lingkungan lembab lain. Lingkungan tersebut membantu telur agar tetap lembab dan tidak mengering.

Evolusi akhirnya menghasilkan jenis telur berbeda yakni telur amniotik dengan ukuran lebih besar dan kualitas lebih baik. Telur ini memiliki cangkang keras yang memungkinkan menetas di darat atau lingkungan kering. Susunan di dalamnya memungkinkan embrio mengambil nutrisi, pembuangan, dan bernafas tanpa perlu lingkungan eksternal.

Proses lahir dari evolusi panjang hewan tetrapoda atau binatang berkaki empat. Para ilmuan memperkirakan evolusi munculnya telur pertama terjadi pada 340 hingga 370 juta tahun yang lalu. Itulah mengapa sebagian orang berpendapat telur lebih dulu ada daripada ayam. Karena telur sudah ada lebih dari ratusan juta tahun yang lalu. Sementara ayam baru muncul sekitar 58 ribu tahun yang lalu.

Telur Ayam

Siapa nih yang tim telur? Jangan merasa puas dulu ya. Meskipun telur itu lebih dulu ada namun bukan telur ayam seperti yang ada sekarang. Peneliti dari The University Of Sheffield dan The University Of Warwick di Inggris mengemukakan bahwa telur ayam memiliki sebuah protein yang hanya bisa berasal dari rahim ayam.

Singkatnya harus ada ayam dulu baru secara teknis telur ayam bisa ada. Proses pembentukan telur ayam sebagian besar terbentuk dari Kalsium Karbonat (CaCO3). Sumber kalsium tersebut ayam peroleh dari sumber makanannya. Untuk membentuk cangkang ayam akan menyimpan kalsium tersebut ke dalam kristal CaCO3 dan proses ini sangat bergantung pada keberadaan sebuah protein dengan kode nama Ovocleidin-17 yang hanya terdapat pada ovarium ayam. Protein inilah yang berfungsi untuk mempercepat proses pembentukan cangkang pada telur ayam. Kesimpulannya adalah telur ayam tidak mungkin ada tanpa adanya ayam. Karena tanpa adanya protein Ovocleidin-17 yang hanya ada di ovarium ayam maka telur ayam tidak dapat terbentuk. Sekarang sudah tahu kan jawabannya? Silahkan komen di kolom komentar anda masuk ke tim mana ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed