oleh

Menristek: Teknologi Penting Dalam Ekonomi Minim Kontak Saat Pandemi Covid-19

Adapun terdapat sepuluh tren teknologi penting selama pandemi Covid-19 yaitu belanja daring, teleworking atau work from home.

Menristek: Teknologi Penting Dalam Ekonomi Minim Kontak Saat Pandemi Covid-19

secret-financial.com – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro menuturkan selama vaksin dan obat dari virus corona (Covid-19) belum ditemukan, maka yang bisa dilakukan ialah berdampingan dengan Covid-19 dengan menerapkan PHBS dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan penerapan protokol kesehatan tentunya kegiatan sosial dan ekonomi yang dahulu erat dengan kontak fisik kini harus dikurangi dengan jaga jarak.

Baca juga: Bank-bank Ini Mulai Tagih Biaya Pemulihan Ekonomi Nasional ke Pemerintah

“Untuk bisa mensubtitusi hyperconnectivity tidak lain dengan cara lain adalah teknik teknologi informasi dan komunikasi. ini terbukti terbukti di e-commerce dan juga logistik yang masih dilakukan saat pandemi,” kata Bambang dalam Webinar Ikatan Alumni UIUC – Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Inovasi pada Selasa (30/6).

Lebih khusus Bambang menambahkan mengenai menggerakkan UMKM dimasa pandemi Covid-19 juga perlu didorong untuk masuk ke ranah digital. Selain adanya restrukturisasi kredit kepada UMKM yang sudah dilakukan.

Ia menyebut dari penelitian dari Lipi menunjukkan bahwa UMKM yang dapat bertahan selama masa pandemi Covid-19, adalah UMKM yang sudah terekspos dengan digital. Sedangkan UMKM tradisional yang belum masuk market digital akan langsung terpuruk karena Covid-19.

Baca juga: Ada Potensi 119 Perusahaan Relokasi dari China, Jokowi: Jangan Kalah dari Negara Lain

“Artinya perlu adanya insentif atau dukungan agar UMKM itu bisa terekspos secara digital. Otomatis akan ada pergeseran pola bisnis perilaku manusia berubah,” kata Bambang.

“Kalau kita ingin bantu UMKM, jangan hanya beri keringanan kredit, keringanan cicilan ataupun subsidi suku bunga. Yang paling penting adalah UMKM itu harus bisa diangkat agar bisa masuk ke dalam framework digital,” imbuhnya.

Baca juga: Presiden Jokowi : Jangan Sampai Ekonomi Bagus, tapi Covid-19 Naik Lagi

Adapun terdapat sepuluh tren teknologi penting selama pandemi Covid-19 yaitu belanja daring, teleworking atau work from home, telemedicine, education dan training, hiburan daring, supply chain 4.0, 3D printing, robot dan drone serta teknologi 5G dan ICT.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed