oleh

Menurunkan Berat Badan dengan Buah Pisang, Mau Tau?

Pisang ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung. Pisang andalan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Secret-financial –  Pisang adalah salah satu buah kaya nutrisi yang bisa didapat setiap saat. Kaya akan kalium, pisang diketahui ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, buah juga sering jadi andalan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Berdasarkan data Food and Drug Administration (FDA), dalam sebuah pisang terkandung 0 persen lemak, 0 persen natrium (garam), 13 persen kalium, 10 persen karbohirat, 12 persen serat. 2 persen vitamin A, 15 persen vitamin C, 0 persen kalsium, dan 2 persen zat besi.

Alasan pisang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena buah ini mengandung kandungan serat yang tinggi, sehingga membuat yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Terlalu Kurus? Mau Tau Makanan Sehat Menambah Berat Badan?

“Pisang adalah sumber nutrisi penting seperti serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan mangan,” ujar Pakar Nutrisi Chelsea Tersavich, PA-C mengutip Insider.

“Kandungan seratnya juga membuat kita kenyang lebih lama di siang hari dan membuat asupan kalori jadi berkurang bagi kebanyakan orang,” sambungnya.

Sebanyak 12 persen serat dari jumlah asupan harian yang dibutuhkan ada pada pisang, ini karena makanan tinggi serat bisa mengurangi risiko kenaikan berat badan hingga 30 persen.

Tapi yang perlu diingat, jika Anda ingin menjadikan pisang sebagai andalan diet sehari-hari, perlu diingat tingkat kematangan pisang akan berpengaruh pada rasa dan kadar karbohidratnya. Namun untuk nilai gizi tidak ada perbedaan yang berarti.

Pisang yang berwarna hijau akan memiliki tingkat pati yang tinggi, khususnya pati resisten. Pati resisten adalah pati yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena dicerna tubuh lebih lama dan lebih mengenyangkan.

Baca juga: Fungsi Kafein untuk Kesehatan, Mau Tau?

Inilah mengapa pada orang diabetes disarankan mengonsumsi pisang yang masih sedikit berwarna hijau karena kandungan patinya aman dikonsumsi, karena tubuh akan lebih dulu mengolah pati, sebelum diubah menjadi gula.

Sedangkan untuk pisang yang matang atau sudah berwarna kecokelatan sebaiknya dihindari, karena kandungan karbohirat dan gulanya lebih tinggi, dan tidak baik untuk menurunkan berat badan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed