oleh

OJK: Laporkan! Jika Leasing Ada yang Menagih Pakai Debt Collector

OJK: Laporkan! Jika Leasing Ada yang Menagih Pakai Debt Collector

secret-financial.com­ – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan konsumen bisa melaporkan jika masih ada perusahaan pembiayaan (multifinance) yang melakukan penagihan nasabah menggunakan debt collector (penagih utang) di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hal itu mengingat OJK sudah memberikan keringanan kepada debitur untuk bisa melakukan restrukturisasi kredit.

Jika ada perbankan atau pihak leasing yang menagih pakai debt collector, diharapkan masyarakat dapat melapor ke OJK, kalau mau nagih pakai telpon saja.
Baca juga: Corona, Ketua OJK Minta Leasing Tarik Kredit Macet Tak Pakai Debt Collector

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan OJK sudah memberikan ruang bagi lembaga jasa keuangan untuk bisa merestrukturisasi kredit bagi nasabahnya yang terdampak Covid-19 dan tidak melakukan penagihan menggunakan debt collector.

“Kalau ada orang yang pendapatannya terganggu, [lalu] di-pites-pites [diinjak, ditekan], yang nagih laporkan ke OJK, siapa debt collector-nya, siapa perusahaanya nanti kita list. Tolong catat dan laporkan karena sudah kita kasih tahu sebaiknya jangan pakai debt collector, kalau mau nagih pakai telpon saja,” kata Wimboh.

Jika ada perbankan atau pihak leasing yang menagih pakai debt collector, diharapkan masyarakat dapat melapor ke OJK.  “Kita imbau jasa keuangan ini tidak menagih memakai jasa debt collector. Kita lihat nanti, kalau ada yang ditagih pakai debt collector, silakan lapor ke OJK,”

“Jadi, masyarakat atau pengusaha yang terdampak Covid-19, jika ingin mendapatkan penundaan tagihan dan restrukturisasi silahkan melakukan pengajuan secara online, bisa melalui WA, atau pun email. Untuk ketentuannya, akan diserahkan ke masing-masing bank atau leasing,” ucapnya.

Mengadukan debt collector ‘nakal’ juga bisa langsung datang ke kantor polisi terdekat.

Membuat laporan, sehingga dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

Etika Debt Collector Dalam Menagih Utang

Menagih utang cicilan kartu kredit, Kredit Tanda Agunan, Kredit Multiguna, kredit kendaraan, sampai pinjaman online tidak boleh ada unsur ‘premanisme.’

Debt collector harus tahu etika dalam menagih utang yang benar kepada nasabah.

Debt colektor bekerja atas perintah bank, leasing, ataupun perusahaan pemberi layanan jasa keuangan. Dalam praktiknya, debt collector harus menjalankan tugasnya menagih utang sesuai prosedur berlaku.

Namun tak jarang pula, debt collector justru menagih utang seenaknya. Ada yang mengancam sampai melakukan tindak kekerasan. Perbuatan ini jelas melanggar atau melawan hukum.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed