oleh

Pasien Positif Corona di Indonesia Menjadi 893 Kasus, 78 Meninggal, 35 Sembuh

Pasien Positif Corona di Indonesia Menjadi 893 Kasus, 78 Meninggal, 35 Sembuh

SECRET-FINANCIAL.COM  – Kasus pasien positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia melonjak menjadi 893 kasus. Penambahan terbanyak berasal dari DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Kasus pasien positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia melonjak menjadi 893 kasus. Penambahan terbanyak berasal dari DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

“Totalnya menjadi 893,” kata juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube BNPB, Kamis (26/3/2020).

Ia juga menyebut ada penambahan kasus kematian akibat Covid-19 dari hari sebelumnya.

“Kasus kematian penambahan 20 kasus, totalnya 78,” ujar Yurianto.

Selain itu, Yuri menyebut ada penambahan empat pasien yang sembuh per hari ini.

“Secara akumulasi 4 penambahan kasus yang sembuh, jumlah kasus sembuh 35 orang,” tandasnya.

Yuri juga menjelaskan bahwa penambahan besar terjadi setidaknya di dua provinsi, yaitu DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Baca juga :

Berdasarkan data pemerintah, di DKI Jakarta ada penambahan 53 pasien dalam 24 jam terakhir. Sedangkan di Sulawesi Selatan jumlah kasusnya bertambah 14 pasien.

“Didominasi (kasus baru) banyak di DKI Jakarta. Sulawesi Selatan juga terjadi kasus penambahan cukup banyak, hendaknya jadi atensi kita semua dalam mewaspadai ini,” kata Achmad Yurianto.

Dari total tambahan kasus positif corona hari ini sebanyak 103 kasus, 53 kasus di antaranya berasal dari DKI Jakarta. Sedangkan jumlah yang cukup tinggi juga terjadi di Sulawesi Selatan sebanyak 14 kasus di Sulawesi Selatan dan delapan kasus di Jawa Timur.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan untuk mencegah pandemi virus corona, yang dibutuhkan adalah kedisiplinan untuk menjaga jarak. Dia meminta masyarakat mematuhi arahan pemerintah untuk menerapkan physical distancing.

“Karena itu yang kita lakukan sekarang bagaimana menerapkan disiplin masyarakat untuk mematuhi seruan itu. Karena itu kita melakukan upaya-upaya pendisiplinan ini melalui edukasi kesehatan, keamanan juga untuk membubarkan tiap kerumunan-kerumunan,” kata Ma’ruf dalam teleconference, Kamis (26/3).

Agar physical distancing dapat berjalan dengan baik, Ma’ruf meminta peran tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ikut melakukan sosialisasi. Pun dengan di daerah, Ma’ruf juga menegaskan tidak ada penerapan lockdown.

Data pemerintah juga memperlihatkan bahwa ada tiga provinsi yang mencatat kasus perdana Covid-19. Tiga provinsi itu adalah Aceh, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Barat.

Dengan demikian, hingga saat ini, kasus Covid-19 sudah tersebar di 27 provinsi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed