oleh

Pemerintah Dorong UMKM Bisa Melantai di Bursa Saham

Pemerintah terus dorong agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa melantai di bursa saham. Skenario ini sangat mungkin dilakukan.

Pemerintah Dorong UMKM Bisa Melantai di Bursa Saham

secret-financial.com – Pemerintah terus dorong agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa melantai di bursa saham.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, mengatakan hal tersebut juga merupakan keinginan Presiden Jokowi agar UMKM yang memenuhi syarat bisa masuk ke pasar modal.

Menurut Prastowo, pemerintah berkomitmen mewujudkan hal tersebut. Namun perlu perencanaan matang agar aksi korporasi tersebut tidak membebani UMKM dikemudian hari.

Baca juga: Ibu Rumah Tangga Bisa Mulai Nabung Saham, Ini Caranya

“Skenario ini sangat mungkin dilakukan. Harusnya jadi best practice yang diterapkan dalam rangka membantu UMKM. Tapi perlu regulasi, perlu sinkronisasi, koordinasi, dan harmonisasi supaya betul-betul bukan menjadi beban,” kata Prastowo dalam Webinar Keterbukaan Informasi Publik 2020, Kamis (6/8).

Pemerintah berharap jika UMKM melantai di bursa saham bisa menjadi akses baru untuk mendapatkan investor. Sehingga UMKM semakin berkembang.

Prastowo mengatakan sebenarnya pemerintah telah menerbitkan regulasi untuk membantu UMKM naik kelas. Regulasi tersebut sudah tercantum dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Baca juga: Kepala BPS: Ekonomi Berdenyut Lagi Setelah PSBB Transisi

Dalam RUU Ciptaker, pemerintah telah memetakan beberapa skenario untuk memudahkan UMKM mengembangkan usahanya.

Salah satunya memasangkan UMKM dengan pengusaha besar. Selain itu, juga ada segregasi daya layanan tunggal sehingga bisa memudahkan pelaku UMKM bersaing dengan usaha yang lain.

“Dengan konsep dalam RUU Ciptaker, UMKM mendapatkan kemudahan berusaha,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed