oleh

Pertamedika Menghimbau Pemerintah Agar Kendalikan Harga Masker

Pertamedika Menghimbau Pemerintah Agar Kendalikan Harga Masker.

SECRET-FINANCIAL.COM – BUMN Pertamedika IHC menghimbau pemerintah ikut mengendalikan harga masker yang kini menjadi mahal di saat adanya kekhawatiran penularan virus corona.

“Saya menghimbau agar pemerintah baik dari Kementerian Kesehatan maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), untuk turun tangan agar memberitahukan jangan sampai haraga masker di dalam negeri mahal,” ujar Direktur Utama Pertamedika IHC, Dr.Fathema Djan R.

Masker jenis N95 mulai langka sejak kemunculan virus corona karena dianggap lebih aman. Pertamedika menghimbau pemerintah agar kendalikan harga masker.
Baca juga : Pemulangan WNI Eks ISIS

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa masyarakat tak perlu mengenakan masker jenis N95 untuk memproteksi diri agar terhindar dari virus. Masker jenis N95 mulai langka sejak kemunculan virus corona karena dianggap lebih aman. Pertamedika menghimbau pemerintah agar kendalikan harga masker.

Wabah virus Corona, yang dimulai di pusat kota Wuhan akhir tahun lalu, telah menewaskan 132 orang dengan hampir enam ribu orang terinfeksi di China. Sebuah denda administratif telah dikeluarkan untuk Farmasi Jimin Kangtai Beijing karena menaikkan harga masker N95.

“Saya menghimbau kalua ada masker yang harganya jadi mahal, itu sebaiknya tidak dilakukan, mengingat masker merupakan salah satu alat pelindung diri yang paling murah dan bisa digunakan serta alat pencegahan yang tepat untuk digunakan pada saat ini,” kata Fathema.

“Masker N95 itu bukan didesain untuk masker kesehatan, itu untuk laboratorium”. Kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Perlindungan Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Jakarta.

Harga sekotak masker yang dijual di sebuah pasar di Jakarta itu, untuk pertama kalinya telah melampaui satu gram emas. Kata seorang pengecer.

Masker N95 seharusnya digunakan oleh orang yang sedang batuk atau sakit agar virus dan bakteri yang keluar saat batuk atau bersin bisa tertahan di masker.

Boleh saja memakai masker N95 oleh orang yang sehat. Tetapi lebih baik dipakai saat berada di keramaian saja agar terhindar dari virus dari orang sakit yang tak mengenakan masker.

Masker jenis N95 banyak dicari masyarakat sejak virus corona muncul dan banyak memakan korban jiwa. Menjadi langka dan harganya pun meroket Masker.

Penjualan masker mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat disbanding hari biasa, sementara untuk masker jenis N95 telah langka di pasaran. Karena langka, masker jenis N95 yang sebelumnya seharga Rp200.00/boks, saat ini dijual dengan harga Rp1,3 juta/boks.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed