oleh

Perusahaan Sudah Mulai Merasakan Kerugian Virus Corona Ini

Perusahaan Sudah Mulai Merasakan Kerugian Virus Corona Ini

SECRET-FINANCIAL.COM – World Health Organization (WHO) telah menetapkan Coronavirus Disease (COVID-19) sebagai pandemi global setelah menjangkiti lebih dari 118.000 orang dan menyebabkan kematian lebih dari 4.000 orang di 114 negara pada 11 Maret 2020. Pneumonia yang disebabkan oleh SARS-CoV 2 atau coronavirus ini menjadi ancaman serius bagi negara-negara di dunia karena sifat penyebarannya yang cepat.

Virus menular melalui droplet atau cairan mulut dan hidung orang yang terinfeksi. Bermula dari wabah di China pada Desember 2019, kini corona virus telah menginfeksi penduduk di lima benua. Karena itu, WHO menyarankan setiap negara mengambil langkah agresif untuk menekan wabah corona.

Baca juga: Yurianto Menghimbau Agar Masyarakat Tidak Pulang ke Kampung Halaman

Berbagai perusahaan mulai dari sektor manufaktur hingga pariwisata sudah mulai merasakan kerugian yang disebabkan penyebaran virus corona ini.

Amankan tempat kerja Anda

Berbagai perusahaan mulai dari sektor manufaktur hingga pariwisata sudah mulai merasakan kerugian yang disebabkan penyebaran virus corona ini.

Di tempat kerja, ingatkan karyawan untuk mempraktikkan kebersihan dasar. Berikan banyak tisu dan pembersih tangan di seluruh kantor. Pastikan dispenser sabun dan penuh dan dorong karyawan Anda untuk cuci tangan secara teratur setidaknya selama 20 detik setiap kali.

Bersihkan permukaan secara teratur dan sediakan tisu desinfektan sekali pakai sehingga karyawan dapat membersihkan permukaan keyboard, meja, atau ponsel mereka sebelum menggunakannya.

Penyemprotan disinfektan dan penyediaan hand sanitizer

Disinfektan membunuh virus yang menempel di tombol lift, gagang pintu, besi tangga, dan spot lain yang sering dipegang banyak orang. Sejumlah penelitian mengungkap bahwa virus corona secara umum (SARS dan MERS) dapat bertahan di luar tubuh manusia dalam hitungan jam hingga hari, tergantung jenis permukaan benda tempat menempel.

Tangan juga menjadi media penularan virus karena merupakan organ tubuh yang kerap bersentuhan dengan orang (jabat tangan) maupun memegang benda. Karena itu, menyediakan hand sanitizer atau sabun cuci tangan berguna untuk mencegah penyebaran virus.

Kaji ulang target keuangan perusahaan

Kinerja keuangan perusahaan diproyeksi akan mengalami banyak tantangan menghadapi virus corona. Oleh karenanya, perusahaan dinilai perlu mengkaji ulang target keuangan.

Pengkajian perlu dilakukan dengan memperhitungkan berbagai skenario wabah virus corona.

Secara ringkas, peraturan tersebut meminta gubernur memerintahkan setiap pemimpin perusahaan di daerahnya untuk melakukan 3 hal pokok:

  1. Mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada pekerja/buruh dengan tindakan pencegahan seperti perilaku hidup bersih dan sehat serta program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3);
  2. Membuat rencana kesiapsiagaan menghadapi pandemi COVID-19 dengan tujuan memperkecil risiko penularan di tempat kerja dan menjaga kelangsungan usaha;
  3. Mengambil langkah penanganan risiko terhadap pekerja/buruh atau pengusaha yang diduga terinfeksi COVID-19 sesuai standar penanganan Kementerian Kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed