oleh

Intimidasi Debt Collector Pinjaman Online

SECRET-FINANCIAL.COM, Surabaya – Fintech ilegal memang bukan cuma racun tapi bisa merenggut kebahagiaan seseorang hanya karena salah ambil keputusan, Tidak sepenuhnya salah pinjol ilegal. Tugas mereka adalah menjerat sebanyak-banyaknya korban dan meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dari korban itu juga. Yang pertama kali menjerat diri sendiri dari utang pinjaman online itu diri kita sendiri. Ya memang biasanya orang yang sedang membutuhkan uang tidak akan berpikir panjang. Saya akui itu sebagai orang yang hampir terjerat juga. Namun, perlu disadari kalau kita juga harus punya benteng tersendiri.

Banyak yang terjebak oleh kemudahan sistem pinjol karena kemudahannya. Jadi peminjam harus mengikuti semua aturan yang dibuat oleh pemberi pinjaman yang bahkan bisa semena-mena. Fintech ilegal yang tidak terdaftar di OJK, kalau sudah jatuh tempo, penagihannya bisa semena-mena, tidak manusiawi, bahkan sampai ke tahap pelecehan seksual. Selain itu tidak ada keterbukaan dengan pihak peminjam dan pasti ada penyalahgunaan data.

Tidak sedikit kasus yang karena gali lubang tutup lubang ke pinjol lain, setelah dihitung ternyata peminjam sudah melakukan transaksi ke 70 pinjol ilegal da totalnya bisa 100jutaan. Padahal awalnya hanya butuh sekitar 2jutaan.

Fintech ilegal memang bukan cuma racun tapi bisa merenggut kebahagiaan seseorang hanya karena salah ambil keputusan, Tidak sepenuhnya salah pinjol ilegal.
Baca juga : Pinjaman Online yang Merenggut Nyawa Debitur

Kasus paling banyak dilaporkan adalah penyerangan psikis oleh debt collector yang memberitahu ke seluruh kontak di smartphone peminjam kalau yang bersangkutan berutang. Tidak hanya itu, ada juga yang sampai dibuatkan grup WhatsApp. Beberapa kasus ditemukan penagih bahkan ada yang berani datang ke rumah peminjam. Ada juga yang akhirnya debt collectornya mendapat aksi kekerasan dari pihak peminjam karena saking marahnya, tapi saya lupa di mana.

Yang jelas semua pihak salah, yang meminjam dan yang menyediakan pinjaman. Pinjol ilegal juga terindikasi sindikat yang berupa rantai. Satu sama lain ternyata saling berhubungan. Kalau sudah jatuh tempo, pihak peminjam akan merekomendasikan untuk meminjam lagi di aplikasi lainnnya untuk menutup utang yang satu. Sistem gali lubang tutup lubang ternyata memang menjadi metode pinjol ilegal untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed