oleh

Presiden Jokowi : Jangan Sampai Ekonomi Bagus, tapi Covid-19 Naik Lagi

Jangan sampai melonggarkan tanpa kendali rem sehingga mungkin ekonomi bagus, tapi Covid-19 naik, bukan itu yang kita inginkan

Presiden Jokowi : Jangan Sampai Ekonomi Bagus, tapi Covid-19 Naik Lagi

secret-financial.com – Presiden Joko Widodo berpesan kepada kepala daerah agar tidak sembarangan melonggarkan kondisi sosial-ekonomi di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Jangan sampai angka penularan Covid-19 naik lagi.

Hal tersebut diucapkan Jokowi saat mengunjungi posko penanggulangan Covid-19 di Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).

“Inilah yang harusnya hati-hati, mengelola, memanajemeni krisis ini agar urusan kesehatan dan ekonomi berjalan beriringan,” ucapnya.

“Jadi saya harapkan bapak ibu/gas dan remnya betul-bertul di atur. Jangan sampai melonggarkan tanpa kendali rem sehingga mungkin ekonomi bagus, tapi Covid-19 naik, bukan itu yang kita inginkan,” tuturnya.

“Covid (harus) terkendali tapi ekonomi juga tidak mengganggu kesejahteraan masyarakat,” lanjut dia.

Presiden Jokowi mengakui, mengatur sektor kesehatan dan ekonomi secara bersamaan di tengah pandemi bukanlah hal mudah.

Hal itu juga dialami hampir seluruh negara di dunia yang perekonomiannya tumbuh negatif.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semuanya, bukan hanya gubernur bupati dan walikota, tapi jajaran forkopimda, TNI-Polri, seluruh gugus tugas akan betul-betul menjaga agar itu bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Semua negara mengalami, dan kontraksi ekonomi terakhir yang saya terima misalnya dunia diperkirakan di 2020 akan terkontraksi minus 6 sampai minus 7,6,” jelasnya.

“Artinya global, dunia sudah masuk ke yang namanya resesi dan bahkan saya sampaikan tahun ini Singapura diprediksi minus 6,8, Malaysia minus 8, Amerika minus 9,7, Inggris minus 15,4, Jerman 11,2, Prancis minus 17,2, Jepang minus 8,3,” tambah dia.

Pada tahap itulah, penanganan virus corona harus seimbang. Ia mengingatkan agar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bisa betul-betul menjaga itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed