oleh

Seseorang Bisa Saja Tertular Covid-19! Beginilah Caranya

Seseorang Bisa Saja Tertular Covid-19! Beginilah Caranya

secret-financial.com –  Pandemi virus corona masih terjadi di seluruh dunia dengan kasus yang terus meningkat. Di Indonesia beberapa wilayah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghambat laju peningkatan COVID-19.

Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, seseorang bisa saja tertular COVID-19 melalui berbagai cara.

Kepada masyarakat yang sempat kontak atau sempat berada di wilayah zona merah disarankan segera berkonsultasi pada dokter terkait. Apalagi jika tubuh menunjukkan ciri-ciri terkena virus corona yang sekilas mirip flu.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Hal ini membuat beberapa negara di luar negeri menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona.

Bagaimana gejala Covid-19?

Ciri-ciri virus corona hampir mirip dengan gejala flu, di antaranya:

  • Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius
  • Batuk kering
  • Lemas
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak atau kesulitan bernapas
  • Sakit kepala

Namun, masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari. Berarti, bisa jadi Anda memiliki virus tersebut hingga 14 hari sebelum Anda menyadari gejalanya. Jika memiliki gejala tersebut dalam fase 14 hari, segera periksakan diri Anda.

Penyebab Virus Corona (COVID-19)

Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Seseorang bisa saja tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita COVID-19 batuk atau bersin
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan ludah penderita COVID-19
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang memiliki penyakit tertentu, perokok, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Baca juga: Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Selama di Rumah Aja

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed