oleh

Sikap Konservatif Investor Bisa Hambat Laju IHSG

Namun investor diperkirakan akan konservatif di tengah banyaknya data perekonomian serta penetapan suku bunga Bank Indonesia.

Sikap Konservatif Investor Bisa Hambat Laju IHSG

secret-financial.com – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi akan melemah, meskipun tren penguatan masih terjadi.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan secara teknikal candlestick, IHSG membentung long white body yang mengindikasikan tren bullish. Namun investor diperkirakan akan konservatif di tengah banyaknya data perekonomian serta penetapan suku bunga Bank Indonesia.

“IHSG diprediksi melemah dan akan bergerak di level support 5.211-5.253 dan resistance 5.326-5.357,” kata Dennies dalam riset hariannya, Rabu, 19 Agustus 2020.

Baca juga: IHSG Dibuka Melemah Pagi Ini

Ia juga menjelaskan, tak hanya sentimen dari dalam negeri saja yang akan menghambat gerak IHSG namun dari global, ketidakpastian negosiasi dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat juga memicu risk-off yang berdampak pada kenaikan harga emas.

Sementara itu, bursa Amerika Serikat ditutup bercampur. Indeks Dow Jones ditutup melemah 0,2 persen, Nasdaq ditutup menguat 0,73 persen, dan S&P 500 menguat 0,23 persen.

Melihat hal tersebut, Dennies menuturkan investor masih dalam tahap wait and see menanti keputusan atas stimulus pandemi dari pemerintah.

“Tidak banyak perkembangan yang terjadi di dalam diskusi senat. Investor juga masih mengamati perkembangan dari perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok,” jelasnya.

Sedangkan bursa saham Tiongkok dibuka bercampur dan cenderung melemah. Hal tersebut didorong oleh data ekonomi Jepang yang menunjukkan penurunan ekspor sebesar 19,2 persen year on year.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed