oleh

SIM Online Dibuka Tiga Hari, 200 Orang Mendaftar

Kasie Satpas SIM Daan Mogot Subdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Agung Permana mengatakan jumlah pemohon SIM Online ini terus meningkat setiap harinya.

secret-financial — Sejak diluncurkan oleh Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Selasa, 13 April 2021 di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, jumlah pemohon SIM melalui aplikasi SINAR sudah mencapai 200 orang. Kasie Satpas SIM Daan Mogot Subdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Agung Permana mengatakan jumlah pemohon SIM Online ini terus meningkat setiap harinya. 

“Lumayan banyak peminatnya karena setiap hari terus bertambah belasan sampai puluhan orang,” ujar Agung saat dikonfirmasi, Jumat, 16 April 2021. 

Agung menjelaskan, banyaknya pengajuan pembuatan SIM secara online, menjadi indikasi masyarakat sudah mulai memahami sistem digitalisasi Korlantas Polri. Ia berharap digitalisasi ini akan membuat masyarakat yang mau melakukan perpanjangan SIM ke Satpas SIM ataupun ke SIM keliling berkurang, sehingga risiko penularan Covid-19 dapat ditekan.

“Ini sesuai program Kapolri yaitu PRESISI (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).”

Baca juga:
AirAsia Tetap Beroperasi untuk Angkut Penumpang KhususImpor Barang Konsumsi Maret 2021 Melonjak, Dipicu Kebutuhan Vaksin Covid-19
Jokowi Minta Pemda Buat Program Padat Karya untuk Buka Lapangan KerjaKasus Covid Turun, Jokowi Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Aplikasi SINAR ini merupakan layanan perpanjangan serta pembuatan SIM baru yang dilakukan secara online dengan mengakses aplikasi Digital Korlantas Polri hanya dari ponsel pintar. Berikut ini merupakan melakukan perpanjangan SIM menggunakan aplikasi SINAR:

1. Pertama, unduh aplikasi Digital Korlantas Polri secara gratis di Play Store untuk pengguna android, dan bagi pengguna IOS. Aplikasi ini akan diluncurkan di App Store dalam waktu dekat.

2. Setelah aplikasi diunduh dan install, buka aplikasi itu dan masukkan nomor seluler untuk login dan pilih lanjut. Kemudian tunggu kode OTP dikirimkan, setelah OTP dikirim masukkan kode itu. Langkah selanjutnya, masukkan sandi baru dan konfirmasi sekali lagi untuk verifikasi pengguna.

3. Langkah berikutnya, Anda akan diminta memasukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK, serta Nama Lengkap sesuai KTP, unggah data tersebut dan verifikasi menggunakan pengenalan wajah atau face recognition. Apabila dinyatakan valid, maka Anda dapat menggunakan layanan perpanjangan SIM secara online di aplikasi tersebut.

Baca juga: 32 Pengendara di Ngawi Terjaring Operasi Yustisi

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed