oleh

Sumur Air Zamzam tidak pernah kering?

Ada Penjelasan Ilmiahnya nih!

Sumur air Zamzam tidak pernah kering? Fakta inilah yang seringkali dianggap misteri atau bahkan mukjizat bagi kebanyakan orang.

Secret-Financial – Sumur air Zamzam tidak pernah kering? Fakta inilah yang seringkali dianggap misteri atau bahkan mukjizat bagi kebanyakan orang. Karena hal ini para peneliti mencoba untuk mengungkapkan misteri tersebut lewat ilmu pengetahuan.

Umat Islam menganggap air Zamzam sebagai air yang suci. Pada kisahnya air Zamzam ditemukan oleh Siti Hajar, istri Ibrahim. Saat itu ia sedang berusaha untuk mencari air bagi Ismail, anaknya, yang sedang terancam kehausan dan kelaparan. Ia pun mencari air dengan berlari-lari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwah sambil memohon kepada Allah. Lalu setelah 7 kali berlari-lari terjadilah keajaiban, air menyembur dari antara kedua kaki putranya. Air inilah yang kemudian dikenal dengan air Zamzam.

Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 1910 SM atau 4000 tahun yang lalu. Secara geologis kisah ini hanya metafora karena ilmu pengetahuan masih belum dapat menjelaskannya.

Zam-zam dalam bahasa arab berarti melimpah. Ini memang menggambarkan air sumur tersebut yang sangat banyak. Pejiarah muslim yang datang berhaji maupun Umroh sering mendatangi sumur yang terdapat di sisi Ka’bah ini. Setiap jemaah haji atau umroh juga seringkali membawa pulang air Zam-zam sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara.

Jumlah jemaah haji yang tercatat pemerintah Arab Saudi pada tahun 2018 mencapai 2 juta orang. Belum yang Umroh. Orang-orang lokal juga seringkali memakai air Zam-zam untuk kebutuhan sehari-hari. Bisa dibayangkan berapa banyak konsumsi air Zam-zam setiap tahun. Tapi anehnya sumur ini tidak kering-kering.

Sumur Air Zamzam

Sumur ini memompa air 11-19 liter per detik. Zuhair Nawab, presiden Saudi Geological Survey, menyatakan King Abdullah Zamzam Water Factory menghasilkan 200.000 jerigen air berukuran 10 liter tiap harinya. Ini berarti produksi King Abdullah Zamzam Water Factory mencapai 60 juta liter tiap bulannya.

Secara hidrogeologi sumur Zamzam sekarang adalah sumur galian yang berdiameter 2 meter dengan kedalaman 30 meter. Sumur terletak di dalam wadi Ibrahim yang mengalir melalui Kota Suci Mekkah dan menembus air tanah dari wadi (lembah) alluvium pada tingkat yang jauh lebih rendah, dan dari batuan dasar yang baru.

Sumur ini terdiri dari tiga lapis tanah dan bebatuan. Lapisan pertama 13,5 m Alluvium Wadi Ibrahim yang terbentuk dari pasir berpori dan batu berpasir hasil transportasi dari tempat lain. Lapisan kedua sepanjang 0,5 m adalah permeabel atau tempat keluarnya air. Lalu lapisan terakhir dari batuan dasar diorit sepanjang 17 m.

Pada jaman dahulu orang-orang mengambil air Zamzam dengan menggunakan tali dan timba. Namun sejak tahun 1953 pemerintah Arab Saudi menggunakan pompa mesin untuk mengalirkan air menuju penampungan dan keran-keran air di dekat sumur.

Alasan Ilmiah Air Zamzam Tidak Pernah Kering

Arab Saudi hanya memiliki dua musim yakni musim dingin dan musim panas. Rata-rata cuaca di Saudi tergolong sangat panas. Bahkan suhu di sana dapat mencapai 49° celcius. Curah hujan juga sangat rendah. Faktor-faktor inilah yang menyimpan misteri kenapa air Zamzam tidak habis-habis. Lokasi air Zamzam berada di tengah-tengah bukit atau gunung atau Jabal. Sebuah lembaga Saudi Geological Survey menjelaskan luas cekungan daerah tangkapan hujan sebagai supply sumur ini mencapai 60 km2, luasan yang tergolong kecil untuk sumur yang digunakan oleh 1,5 juta penduduk Mekkah.

Lalu bagaimana sumur air Zamzam bisa bertahan dan tidak pernah kering?

Para ilmuan menyimpulkan ada lautan air di bawah lapisan batuan sumur air Zamzam. Pernyataan ini juga mendapat dukungan dari ahli geologi NASA, Dr. Farouk El-Baz saat melakukan pemotretan geologi di Mekkah. Pemerintah Saudi juga tenyata membantu mengontrol penyedotan air dan mengelola volume air di bawah kendali saudi geological survey untuk menjaga ketersediaan air dan kemungkinan pencemaran air. Selain itu untuk konsumsi air secara umum Saudi telah memiliki instalasi penyulingan air laut terbesar di dunia yang dipakai untuk kebutuhan air bersih seluruh Arab Saudi. Fasilitas inilah yang sekaligus dipakai untuk membackup air sumur Zamzam.

Jadi alasan mendasar mengapa sumur Zamzam memililki banyak air menurut ilmu pengetahuan adalah karena di tempat tersebut ada sejenis sungai bawah tanah dengan air berlimpah yang menyimpan air dari bukit-bukit sekitar kota Mekkah. Alasan lainnya adalah adanya pihak pengelola air dari Saudi yang mengatur volume dan kapasitas penyedotan air untuk menjaga ketersediaan air. Tentu saja hal ini mungkin berkat berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Demikianlah kiranya penjelasan atau alasan ilmiah mengenai air Zamzam yang tidak pernah kering menurut sains. Manusia memang selalu berusaha untuk menjelaskan segala sesuatunya lewat logika dan ilmu pengetahuan. Namun akal budi dan pemikiran manusia tidak selamanya dapat menjangkau atau menjelaskan semua fenomena alam yang terjadi di dunia. Fenomena yang tidak terjelaskan atau tidak terpecahkan itulah yang disebut dengan mukjizat. Ada beberapa hal tentang air Zamzam yang manusia coba untuk jelaskan. Akan tetapi tetap saja ada misteri tentang air Zamzam yang belum terpecahkan sepenuhnya oleh akal budi manusia. Misteri tersebut seperti memang harus ada agar manusia selalu sadar akan keberadaan Sang Pencipta.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed