oleh

Syarat Agar Lolos Administrasi Kartu Pra Kerja

Syarat Agar Lolos Administrasi Kartu Pra Kerja

secret-financial.com – Pemerintah telah menutup pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang pertama. Banyak yang bertanya bagaimana syarat lolos admininistasi Kartu Prakerja.

Pemerintah telah menutup pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang pertama. Berikut syarat agar lolos administrasi Kartu Pra Kerja

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky mengatakan, peserta Kartu Pra Kerja yang bisa menerima pelatihan adalah mereka yang sudah lolos verifikasi dan test kompetensi di situs prakerja.go.id.

Selain itu, manajemen juga akan mengecek database kependudukan di Kementerian Dalam Negeri Data pokok Kependudukan di Kementerian Dalam Negeri dan pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

Syarat Agar Lolos Administrasi Kartu Pra Kerja

Menurut Panji, pendaftar harus lolos verifikasi dan test kompetensi. Selain itu hal lain yang menjadi pertimbangan adalah umur, jenjang pendidikan, dan lain sebagainya. Selain itu peserta tersebut harus diverifikasi datanya di Kemenaker. Sedangkan yang menjadi prioritas adalah seseorang yang terkena dampak virus Corona.

Baca juga: 4 Profesi yang Harus Bekerja di Rumah Jika Diterapkan Lockdown

Hingga dimunculkannya berita ini, Panji masih belum menerima nama peserta yang lolos tahap seleksi. Jika peserta tersebut lolos seleksi, maka peserta tersebut memiliki hak untuk mengikuti pelatihan di gelombang pertama. Peserta baru akan diseleksi setelah ditutupnya gelombang pendaftaran pertama pada hari ini, Kamis (16/4) pukul 16.00 WIB.

Jika ada peserta yang belum bisa lolos untuk mengikuti pelatihan pada gelombang pertama, kesempatan mengikuti pelatihan di gelombang kedua masih terbuka. Untuk mengikutinya pun tidak perlu mendaftar ulang.

“Pemilihan peserta akan dipilih secara acak oleh sistem yang dimiliki Pemerintah dalam menjalankan program Kartu Pra Kerja. Yang kemudian, penilaian lolos atau tidaknya peserta program Kartu Pra Kerja akan dikoordinasikan dengan Kementerian Ketenagakerjaan,” kata Panji, dalam keterangannya, Senin (13/4/2020).

Sejak diluncurkan secara resmi pada 11 April 2020 lalu, sampai saat ini kata Panji, jumlah peserta yang mendaftar program Kartu Pra Kerja terus bertambah. Setidaknya sudah ada hampir 2 juta peserta yang mendaftar.

Kendati demikian, hal itu tidak membuat Pemerintah untuk menutup pendaftaran. Sampai saat ini, pendaftaran masih terbuka dan tidak dibatasi.

“Pendaftaran terus terbuka dan tidak dibatasi. Bisa bergabung ke gelombang selanjutnya jika belum berhasil masuk,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed