oleh

Terminal Penumpang Bandara Kuabang diresmikan Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan gedung terminal penumpang Bandara Kuabang di Halmahera Utara hari ini, Rabu, 24 Maret 2021.

secret-financial — Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan gedung terminal penumpang Bandara Kuabang di Halmahera Utara hari ini, Rabu, 24 Maret 2021. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bandara ini akan mulai melayani penerbangan reguler tujuan Manado pada pekan depan.

“Saya telah meminta Dirjen Perhubungan Udara untuk berkoordinasi dengan maskapai mengadakan penerbangan reguler dari Manado ke sini satu kali seminggu,” tutur Budi Karya dalam keterangan tertulis, Selasa petang, 23 Maret 2021.

Saat ini, Bandara Kuabang masih melayani penerbangan carter. Setelah penerbangan komersial dibuka, Budi Karya berharap frekuensi penerbangan bisa meningkat dua kali sepekan pada April nanti.

Baca juga: Dadang Subur Tak Menyangka Bakal Tanding Catur 10 Menit Lawan Irene Sukandar

Adapun terminal penumpang Bandara Kuabang dibangun melalui anggaran APBN senilai Rp 50,82 miliar. Terminal ini memiliki luas 3.500 meter persegi yang dapat menampung hingga 160 ribu penumpang per tahun.

Bandara Kuabang difungsikan sebagai alternatif Bandara Sultan Babullah di Ternate. Bandara Sultan Babullah Ternate yang lokasinya dekat dengan Gunung Gamalama dan Gunung Dukono kerap mengalami gangguan operasional akibat letusan kedua gunung tersebut.

Dari Sofifi, Bandara Kuabang berjarak 85 kilometer. Bandara ini dianggap strategis lantatan tidak berpotensi terdampak letusan gunung api. Kementerian Perhubungan menilai keberadaan bandara ini penting untuk membuka aksesibilitas dan konektivitas pariwisata Kabupaten Halmahera Utara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed