oleh

Tips Agar Bisnis Tetap Produktif di Tengah Wabah Virus Corona

Tips Agar Bisnis Tetap Produktif di Tengah Wabah Virus Corona

Di tengah mewabahnya virus Corona banyak orang memilih untuk diam di rumah. Tips Agar Bisnis Tetap Produktif di Tengah Wabah Virus Corona

SECRET-FINANCIAL.COM Di tengah-tengah mewabahnya virus Corona (Covid-19) banyak membuat banyak orang memilih untuk berdiam di rumah dan menjauhi tempat keramaian.

Begitupun dengan beberapa perusahan yang sudah memulai menerapkan skema bekerja dari rumah (Work From Home) kepada karyawannya untuk meminimalkan penularan Covid-19.

Meluasnya wabah virus corona di Indonesia telah berdampak ke berbagai sektor termasuk ekonomi dan bisnis. Pemerintah mulai menghimbau masyarakat untuk melakukan social distancing dan isolasi diri di dalam rumah guna mengurangi penyebaran virus. Oleh karena itu, beberapa usaha pun mulai lesu, mereka kehilangan pengunjung dan pembeli terutama mereka para pebisnis retail.

Kebijakan belajar dan bekerja dari rumah pun ditempuh. Kendati begitu, ada beberapa jenis pekerjaan yang tak memungkinkan penerapan sistem tersebut. Dan karenanya, orang berprofesi tertentu jadi kian rentan lantaran kontak fisik yang tak terhindarkan.

Baca juga : Wabup Sidoarjo Ikuti Proses Pemakaman Korban COVID-19

Mengutip laporan New York Times, Departemen Tenaga Kerja mengolah data untuk mendapatkan jenis-jenis profesi yang lebih rentan dengan paparan bakteri juga virus–termasuk virus corona penyebab Covid-19.

Tips Agar Bisnis Tetap Produktif di Tengah Wabah Virus Corona

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk mempertahankan produktivitas bisnis di tengah maraknya wabah virus Corona.

Menjelaskan

Apabila Anda seorang pemimpin atau manajer bisnis, Anda harus menjelaskan tujuan dan peran pekerjaan kepada seluruh tim.

Manajer harus memastikan bahwa setiap individu memahami skenario saat ini, apa yang terjadi hari ini, di masa depan, misi dan visi tim, tujuan dan target bisnis bagi segmentasi pasar Anda.

Kejelasan bisnis secara keseluruhan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan dapat meningkatkan motivasi terhadap pekerjaan.

Menghubungkan

Untuk mengatasi tantangan ini sudah saatnya untuk interaksi pribadi. Karyawan yang bekerja dari rumah kemungkinan besar merasa tersisih dan mengalami diskriminasi yang menurunkan efisiensi dan komitmen.

Kuncinya adalah mendengarkan karyawan, memercayai dan memberi mereka rasa hormat menggunakan keterbukaan selama panggilan komunikasi dan menanyakan mereka tentang kesehatan mereka.

Komunikasi

Komunikasi dianggap sebagai salah satu elemen paling penting untuk kesuksesan sebuah tim. Hal ini akan sangat menjadi penting ketika bekerja dari jarak jauh.

Kominikasi sangat membantu dalam hal pengambilan keputusan dan menjangkau anggota untuk kerja efektif dari proses bisnis internal yang baru diubah dan disesuaikan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed