oleh

Tips Tetap Aman Bertransaksi Menggunakan Kartu Kredit

Sebagian besar orang akan terlihat sangat senang pada saat menerima kartu kredit untuk pertama kalinya.Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Kartu Kredit

SECRET-FINANCIAL.COM Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Kartu Kredit. Sebagian besar orang akan terlihat sangat senang dan gembira pada saat menerima kartu kredit untuk pertama kalinya. Berbagai rencana untuk menggunakannya mulai menari-nari di kepala, namun tentu tidak jauh-jauh dari rencana belanja, makan di restoran, atau membeli sesuatu yang telah lama diidam-idamkan. Hal-hal seperti inilah yang muncul dalam pemikiran mereka dan membuat mereka senang luar biasa.

Transaksi elektronik yang semakin mudah turut mendorong peningkatan transaksi menggunakan metode ini,  termasuk di dalamnya kartu kredit.

Apakah kamu pernah ditipu saat menggunakan kartu kredit? Ya, mengalami penipuan memang mengesalkan. Penipuan kartu kredit ini cukup sering terjadi, karena kartu kredit bisa digunakan untuk membeli barang yang mahal dan cara menggunakannya pun mudah. Berdasarkan kenyataan inilah, kamu harus selalu menjaga kartu kreditmu agar tetap aman. Terdapat sangat banyak penipuan kartu kredit saat ini, dan penipuan dengan cara skimming adalah penipuan nomor satu yang paling sering terjadi.

Karena itu, sejumlah bank pun mewanti – wanti nasabahnya agar dapat terhindar dari kejahatan penyalahgunaan kartu kredit. Berikut adalah beberapa tips dari beberapa bank agar tetap aman bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Teliti Sebelum Bayar Tagihan

Setiap bulan, kamu akan mendapatkan tagihan kartu kredit kamu berdasarkan semua transaksi yang dilakukan selama sebulan. Terkadang banyak orang yang tidak mau repot mengecek tagihan sehingga mereka langsung saja membayar tanpa diteliti terlebih dahulu. Kebiasaan ini bisa menjadikan kamu korban penipuan. Sebaiknya teliti dulu sebelum membayar tagihan dan segera laporkan ke bank jika ada transaksi yang mencurigakan.

Jangan pernah berikan PIN atau OTP (one time password) kepada orang lain.

Untuk keamanan ketika bertransaksi, penyedia kartu kredit biasanya akan mengirimkan PIN atau OTP sebagai salah satu cara untuk otentifikasi. Karena itu, selalu waspada apabila ada yang meminta PIN atau OTP sementara Anda tidak melakukan transaksi. Pelaku kejahatan dapat menyamar sebagai petugas bank dengan modus memperbarui data nasabah atau penawaran hadiah.

Waspada Saat Bertransaksi

Saat melakukan transaksi, kamu harus meningkatkan kewaspadaanmu, karena saat kartu digesek itulah saat yang paling mudah untuk terkena penipuan. Pastikan kamu mengikuti setiap proses transaksinya dengan teliti. Jangan biarkan staf kasir membawa kartu kredit kamu tanpa perhatianmu. Demi menjaga keamanan kartu kreditmu, jangan percayakan kartu kreditmu berada di orang lain tanpa sepengetahuanmu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed