oleh

Tips Kebebasan Finansial dan Pensiun Dini dalam 10 tahun

Seorang jutawan bernama Grant Sabatier membeberkan tips hingga ia menuju kebebasan finansial dan pensiun dini dalam 10 tahun sejak direncanakan.

Secret-financial – Menjadi mandiri secara finansial merupakan mimpi hampir semua orang. Namun untuk mewujudkannya tidaklah mudah. Seorang jutawan bernama Grant Sabatier membeberkan tips hingga ia menuju kebebasan finansial dan pensiun dini dalam 10 tahun sejak direncanakan.

Kini Sabatier berusia 24 tahun, dan 10 tahun lalu pada 2010 ia merencanakan pensiun dini saat ia berusia 24 tahun. Apa rahasianya? Ia mengatakan keinginan untuk pensiun dini didasarkan pada kondisi sulit yang ia hadapi waktu itu.

Sabatier mengisahkan, pada saat ia berusia 24 tahun, ia sering berpindah pekerjaan dan kemudian mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) saat kondisi keuangan waktu itu terjadi. Ia masih ingat, ia hanya memiliki kurang dari US$ 5 dalam rekeningnya dan ia berjuang keras bagaimana ia dan orang tuanya tetap bisa hidup.

Wakut itu, ia bertekad untuk menuju kebebasan finansial dan pensiun dini secepat mungkin dengan tips nya. Untuk mencapai tujuannya itu, ia menargetkan memiliki uang sebesar US$ 1 juta agar bisa pensiun dini.

Baca juga: Tiga Strategi Sandiaga Pacu Pariwisata & Ekonomi Kreatif Usai Pandemi

Sejak itu, ia mulai melakukan pekerjaan apa pun untuk menghasilkan uang. Sabatier juga mulai meningkatkan penghasilannya hingga mencapai lebih US$ 300.000 per tahun. Kemudian ia berhasil menghemat sekitar 80% dari pendapatannya, kemudian ia investasikan di pasar saham.

Hanya dalam waktu lima tahun, tiga bulan dan enam hari, Sabatier mencapai tujuannya dengan  memiliki uang lebih dari US$ 1,2 juta yang berhasil dia hemat dan itu terjadi pada 2015, atau lima tahun lebih cepat dari target.

Meskipun ceritanya terdengar ekstrem, Sabatier, yang kini berusia 34 tahun, percaya hampir semua orang yang berpenghasilan lebih dari jumlah tertentu dapat mengikuti jejaknya.

“Saya pikir sebagian besar orang Amerika dapat pensiun dalam 10 tahun atau kurang jika mereka menghasilkan setidaknya US$ 70.000 per tahun,” katanya.

Baca juga: 5 Cara Mempertahankan Hubungan dari Krisis Selama Pandemi

Untuk mewujudkannya, mereka harus bersedia dan mampu secara konsisten menabung 50% hingga 70% dari pendapatan mereka.  Untuk mewujudkan itu, mungkin memerlukan perombakan besar-besaran dalam gaya hidup tetapi tidak harus membuat diri kita sendiri sengsara.

Nah untuk itu, Sabatier memberikan tiga tips untuk menuju kebebasan finansial dan pensiun dini.

1. Kurangi biaya perumahan Anda

Berapa pengeluaran bulanan terbesar Anda? Bagi banyak orang, itu adalah sewa atau hipotek Anda. Sabatier merekomendasikan untuk mencoba mengurangi angka itu sebanyak yang Anda bisa karena ini adalah cara sederhana untuk membuat dampak besar pada tabungan Anda.

“Tinggal di apartemen paling murah yang Anda bisa, dapatkan teman sekamar, beli apartemen dua kamar tidur dan sewa kamar lain untuk menjaga biaya perumahan Anda serendah mungkin,” katanya. “Jika Anda dapat memotong biaya perumahan dari US$ 2.000 menjadi US$ 600 atau US$ 700, secara tiba-tiba, Anda memiliki 10 atau 15 tahun dari waktu yang dibutuhkan untuk pensiun.”

Baca juga: Wisatawan Rentan Sakit Usai Liburan? Mau Tau?

2. Mulailah pekerjaan sampingan

Anda hanya dapat memotong pengeluaran Anda begitu banyak. Tetapi jumlah yang dapat Anda peroleh tidak terbatas.

“Pergilah keluar dan cobalah menghasilkan sedikit uang tambahan,” kata Sabatier. “Anda tidak perlu menjadi gila, Anda tidak perlu keluar dan menghasilkan US$ 10.000 ekstra atau lebih per bulan. Namun, setiap US$ 1.000 yang Anda hasilkan dan investasikan, itu akan memotong bulan-bulan dari waktu yang Anda perlukan untuk pensiun. “

Dia mencatat bahwa penting juga untuk menginvestasikan penghasilan tambahan Anda. Dengan menggunakan uang Anda untuk bekerja, penghasilan tersebut dapat tumbuh, daripada disimpan di rekening tabungan biasa, yang sebenarnya dapat kehilangan nilai dalam jangka panjang.

3. Tetaplah dengan itu

Jika Anda ingin pensiun dini, hal terpenting adalah menjaga diri Anda tetap termotivasi. “Saya melihat banyak orang menjadi sangat bersemangat dan mereka berkata, ‘Ya ampun, saya akan keluar dan menjadi mandiri secara finansial. Saya akan pensiun lebih awal. ‘Dan kemudian Anda memeriksa kembali dengan mereka 90 hari kemudian dan mereka tidak lagi melakukannya, “kata Sabatier.

Sabatier terus berusaha dengan mempermainkan tabungannya. “Ini adalah salah satu hal yang bisa menjadi sangat menyenangkan, dan bisa membuat ketagihan,” katanya.

Setelah Anda mendapatkan sedikit momentum, dia berkata, “lihat rekening bank Anda setiap hari selama lima menit. … Anda akan mulai melihat uang Anda tumbuh dan itulah semua motivasi yang Anda perlukan. ”

Dan jangan berkecil hati jika Anda menyadari bahwa 10 tahun bukanlah tujuan yang wajar untuk gaya hidup Anda. “Bahkan jika itu membutuhkan waktu 12 tahun atau 15 tahun, Anda masih pensiun dini,” kata Sabatier.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed