fbpx
Tips Yang Harus Kamu Waspadai Agar Tidak Merana Karena Pinjol

Tips Yang Harus Kamu Waspadai Agar Tidak Merana Karena Pinjol

SECRET-FINANCIAL.COM Tips Yang Harus Kamu Waspadai Agar Tidak Merana Karena Pinjaman Online. Bukan rahasia bila pinjaman online alias pinjol meresahkan masyarakat. Bukan cuma perkara bunga pinjamannya yang tinggi. Lebih dari itu, cara penagihannya pun tak jauh beda dengan teror.

Sayangnya, belakangan aplikasi pinjaman online ilegal marak muncul di tanah air. Berdasarkan data OJK per Agustus 2019 terdapat 123 financial technology (fintech) peer to peer lending ilegal.

Bukan rahasia bila pinjaman online alias pinjol meresahkan masyarakat.Berikut tips yang harus kamu waspadai agar tak merana karena pinjaman online.

Bisnis seperti itu sama saja dengan melegitimasi riba. Riba dari mulai yang kecil sampai besar sama saja akan menghancurkan orang yang melakukannya. Tidak sedikit masyarakat yang akhirnya terjerat utang aplikasi pinjaman online. Alhasil, mereka harus segera melunasi pinjaman agar tidak di teror para penagih utang.

Baca juga :

Fintech lending ilegal saat ini masih berkeliaran meskipun Satgas Waspada Investasi sudah memblokir ribuan aplikasi. Hal ini karena masih banyaknya masyarakat yang terpaksa menggunakan layanan ini.

Berikut tips yang harus kamu waspadai agar tak merana karena pinjaman online:

  1. Pastikan Anda telah membaca dengan cermat  dan memahami semua ketentuan atau peraturan teknis yang telah dibuat oleh pinjol.
  2. Pastikan Anda mengetahui cara pembayaran, cara penagihan, besar denda harian, dan besar komisi bunga
  3. Jangan tergiur oleh bujuk rayu, iklan pinjol. Pastikan Anda bertransaksi dengan pinjol karena kondisi darurat.
  4. Pastikan Anda bertransaksi dengan pinjol yang sah (terdaftar OJK).
  5. Jangan pernah Anda menunggak dan melewati jatuh tempo pembayaran. Kecuali Anda ingin terjerat utang bunga berbunga yang mencekik leher.

Sekarang ini masih ada saja nasabah yang melakukan gali lubang tutup lubang dalam melunasi utangnya. Padahal cara ini tak membuat utang selesai, justru hanya membuat seseorang terbelit utang. Jadilah, nasabah pinjaman online yang cerdas dan bijak dalam mengelola utangnya hingga lunas. Maka hindarilah gali lubang tutup lubang, karena sekali terjebak di fintech ilegal maka akan sulit untuk menyelesaikan.

Bila sudah terlilit utang pinjol, janganlah di pendam yang nantinya akan menyulitkan diri sendiri. Kamu masih punya keluarga yang bisa dijadikan tempat bercerita, siapa tahu ada solusi yang diberikan oleh anggota keluarga. Mungkin juga, pihak keluarga akan membantu untuk meringankan beban utang.

Tinggalkan Balasan